17 Feb 2018 09:08
Pengaruh Long Weekend

Penumpang Angkutan Udara Membludak

MyPassion

MANADO—Akibat long weekend, penumpang yang berangkat melalui angkutan udara membludak. Tercatat, jumlah penumpang yang berangkat dari Bandara Sam Ratulangi (Samrat) Manado sejak Kamis (15/2) hingga Jumat (16/2) kemarin pukul 16.00 WITA sedikitnya 6 ribu penumpang (lihat grafis, red).

General Manager (GM) Angkasa Pura I Bandara Samrat Manado Minggus Gandeguai melalui juru bicara Yuristo membeberkan, dua hari terakhir, aktivitas bandara cukup ramai. “Jumlah penumpang naik. Sejak tanggal 15 Februari hingga hari ini (kemarin, red), jumlah penumpang domestik yang berangkat tercatat cukup tinggi,” katanya.

Yuristo melanjutkan, dalam dua hari (Kamis dan Jumat hingga pukul 16.00 WITA) jumlah penumpang berangkat mencapai 6.764 pax.   “Baik berangkat maupun kedatangan meningkat. Namun paling banyak yang berangkat,” katanya. Angka ini, lanjutnya, bisa  bertambah. “Angka ini hanya sampai Jumat jam 4 sore. Bisa  bertambah karena kita memiliki penerbangan malam,” pungkasnya.

Di sisi maskapai, GM Garuda Indonesia Manado, Donald Jerry Rieuwpassa mengaku, Kamis dan Jumat kemarin tingkat keterisian pesawat mengalami peningkatan. Jika sebelumnya jumlah penumpang di setiap jam penerbangan hanya sekira 70 seat. Beberapa hari mendekati Imlek naik menjadi 80 seat. “Jumlah penumpangnya naik sekira 10 persen. Setiap penerbangan tingkat keterisiannya meningkat. Itu di semua jalur penerbangan. Karena libur panjang juga,” katanya.

Dia menambahkan, sebagian besar penumpang pesawat adalah masyarakat Manado yang terbang ke luar daerah. “Penumpangannya banyak masyarakat Manado yang ke luar daerah. Tapi ada juga masyarakat yang dari luar daerah yang datang mengunjungi Manado,” tambahnya.

Senada, Station Manager Citilink Manado Yurizal Haris juga mengatakan, khusus untuk penerbangan rute Manado- Surabaya mengalami peningkatan sebesar 12 persen. Peningkatan tersebut terjadi selama tiga hari saat long weekend. “Hari ini (kemarin, red) jumlah penumpang pesawat Citilink rute Manado-Surabaya mengalami peningkatan. Dengan kapasitas 180 penumpang, semuanya penuh,” beber Haris.

Dia menjelaskan, pekan ini tingkat keterisian cukup tinggi. “Karena memang libur panjang. Setelah libur akan normal kemabali seperti biasa,” tukas Haris.

Di sisi lain Psikolog Sulut Hanna Monareh mengatakan, hari libur baiknya  dimanfaatkan. Bisa dengan istirahat, berkumpul bersama keluarga, atau jalan-jalan. “Karena hari libur adalah kesempatan yang baik untuk menenangkan diri. Setiap orang pasti merasakan kejenuhan jika terus bekerja. Saat libur dimanfaatkan untuk berkumpul bersama keluarga. Bisa di tempat baru dengan suasana yang baru,” katanya.

Dia menambahkan, selama ini pola hidup masyarakat Sulut memang cenderung berubah. “Artinya, masyarakat lebih senang liburan dibandingkan menghabiskan uang untuk belanja,” sebutnya sambil menambahkan, hal ini menjadi salah satu penyebab meningkatnya tingkat keterisian penumpang pesawat. (tr-01/fgn)

Kirim Komentar