17 Feb 2018 09:13

Jago Merah Mengamuk, Enam Bangunan Dilahap

MyPassion
LUDES: Besarnya kobaran api membuat warga dan aparat pemadam kebakaran yang coba memadamkan si jago merah, tak bisa berbuat banyak, sejak Kamis malam hingga Jumat dini hari.Foto: Sriwani Adolong/MP

SANGIHE—Kebakaran hebat melanda enam bangunan rumah di Kabupaten Kepulauan Sangihe. TKP-nya di Kelurahan Apeng Sambeka, Kecamatan Tahuna, Kamis malam hingga Jumat dini hari. Pantauan Manado Post di lokasi, ratusan masyarakat berbondong-bondong untuk memadamkan api yang begitu cepat merambat dari satu rumah ke rumah lainnya.

Mobil pemadam kebakaran dibantu kendaraan PDAM dan BPBD ikut diterjunkan. Api pun baru berhasil dipadamkan nanti Jumat (16/2) sekitar pukul 1.30 Wita. Diceritakan Ady M, salah satu saksi, ketika dirinya sedang tidur tiba-tiba terbangun karena ada suara sirene. Dia pun langsung bergegas keluar rumah dan melihat sudah dua rumah dilalap si jago merah. “Saya melihat dua rumah sudah terbakar. Karena besarnya kobaran sehingga merembet ke bangunan rumah yang lain,” katanya saat diwawancarai di lokasi kejadian.

Sementara itu, Polres Sangihe, melalui Paur Humas IPTU Nuryani Kampungbae menjelaskan, kebakaran berawal dari rumah keluarga Tandris–Wurangian. Rumah ini sudah tidak ditempati dan hanya dijadikan gudang barang bekas. Api Kemudian merambat ke dapur milik Goa-Tandris dan dapur keluarga Panambunan-Tiho, yang di dalamnya terdapat tabung gas elpiji. “Ketika itu meledak membuat api semakin membesar, terus merambat lagi ke rumah milik keluarga Korompis-Tanris. Karena posisi keempat rumah tersebut saling berdekatan sehingga semuanya habis terbakar,” ungkapnya.

Menurutnya, Jumat pagi Tim Identifikasi Polres Sangihe sudah melakukan olah tempat kejadian perkara (TKP). “Sedangkan penyebab pasti kejadian kebakaran tersebut masih dalam penyelidikan kepolisian,” jelas Kampungbae.

Ditambahkan, tidak ada korban jiwa dalam peristiwa ini. Namun kerugian diperkirakan mencapai ratusan juta rupiah. Dibeberkan bangunan rumah milik masyarakat yang terbakar yaitu gedung agen Telkomsel Distribution Center (TDC) milik keluarga Pince-Panambunan, Korompis-Tanris, Goan-Tanris, rumah tua milik keluarga Goan-Tanris, gudang dari toko mini milik keluarga Goan-Tanris dan 1 buah truk tua. “Sementara rumah milik keluarga Sumadi rusak ringan di bagian dapur. Serta barang-barang dalam rumah sempat diamankan keluar,” tutupnya.(wan/gnr)

Kirim Komentar