17 Feb 2018 10:03

Inilah Akun Medsos IvanSa-CNR dan R3D

MyPassion

MINAHASA—Pasangan calon (paslon) Bupati dan Wakil Bupati Minahasa  Ivan Sarundajang (Ivansa) dan Careig Naichel Runtu (CNR) lebih memanfaatkan media sosial dibanding paslon Roy Roring dan Robby Dondokambey (R3D). Hal ini bisa dilihat dari akun media sosial yang didaftarkan keduanya untuk melakukan kampanye di dunia maya. Berdasarkan dokumen model BC4-KWK dari KPU Minahasa tentang daftar akun media sosial yang dipakai berkampanye, Ivansa-CNR mendaftarkan lima akun. Sedangkan R3D hanya dua akun (lihat grafis).

Ketua KPU Minahasa Meidy Tinangon menegaskan, akun sosmed kedua paslon ini sudah didaftarkan ke KPU. Dengan ini, lanjut Tinangon, selain akun yang didaftarkan ini, tidak diperkenankan melakukan kampanye di media sosial. “Selain akun yang didaftarkan ini, akun lain tidak boleh melaksanakan kegiatan kampanye melalui media sosial,” sebut Tinangon.

Menurut Tinangon, pembatasan pengunaan akun di setiap platform media sosial dilakukan untuk menjaga situasi Pilkada yang tetap kondusif dan terhindar dari kampanye hitam (black campaign). “Tentunya setiap peserta diperbolehkan melakukan kampanye lewat media sosial selama itu terdaftar,” jelas Tinangon.

Dia menambahkan,  tujuan pembatasan pengunaan Sosmed ini untuk mencegah kampanye yang menyesatkan . Ini juga agar paslon memiliki tanggung jawab terhadap penguna akun tersebut. “Selain itu, tujuan lainnya agar kampanye paslon termonitor oleh KPU, dan paslon itu sendiri. Jadi setelah didaftarkan, pengawasan jadi lebih mudah,” kuncinya. (fgn)

Kirim Komentar