17 Feb 2018 09:49

122 Kampung Segera Gelar Pilkades

MyPassion
Ilustrasi

SANGIHE—Dari 145 kampung di Sangihe, ada 122 desa yang akan mengikuti pemilihan kepala desa (kapitalaung) Mei 2018. Dikatakan Kasubag Otonomi Daerah (Otda) dan Pemerintahan Desa (Pemdes) Bagian Pemerintahan Setkab Sangihe Kharisma Bataha SIP, sisanya harus menunggu dua tahun lagi.

 

“Sisa kampung atau desa yang belum menggelar pemilihan kapitalaung tahun 2018 sebanyak 23 kampung. Tentu bagi yang belum menyelenggarakannya, nantinya akan ikut pada tahun 2020 mendatang sesuai peraturan,” ungkapnya

Lanjut Bataha, sisa kampung atau desa yang belum mengikuti pilkades juga karena masa jabatan kapitalaung belum berakhir. “Sisa kampung yang belum ikut pemilihan Mei 2018, belum bisa dilaksanakan tahun 2019. Lagipula di tahun 2019, akan ada pemilihan legislatif serta pemilihan presiden dan wakil presiden. Makanya, untuk pemilihan kapitalaung bagi 23 kampung yang sisa tersebut, ditunda hingga tahun 2020,” pungkasnya.

Dia juga menambahkan kemungkinan dari 122 kampung, ada yang bakal gagal mengikuti pilkades Mei mendatang. Karena pendaftar calon kapitalaung hanya 1 atau bahkan tak ada pendaftar, sehingga berdasarkan keputusan kampung tersebut nanti mengikuti Pilkap 2020. “Nanti kita lihat bulan Maret ketika pengumuman bakal calon. Apakah ada kampung yang dinyatakan gagal pada Mei 2018 nanti atau tidak,” tutup Bataha.

Terpisah, untuk mencegah gesekan, para calon kapitalaung harus mendapat pembekalan. Tokoh muda Sangihe Max Pangimangen mengusulkan, harus dilakukan sosialisasi bersifat imbauan bagi calon kapitalaung agar melakukan proses demokrasi dari tingkat bawah.

“Desa- desa yang akan melakukan pemilihan kapitalaung, kandidatnya sebaiknya dikumpul. Sifatnya seperti sosialisasi bagaimana mengimbau mereka untuk melakukan kegiatan pencitraan diri dengan baik. Tidak perlu menyinggung satu dengan yang lain,” kata Pangimangen.

Lanjutnya, berbagai strategi masyarakat untuk meloloskan masing-masing calon, dinilai rentan. “Alasannya terdapat kampung yang memiliki lebih dari syarat minimal. Sehingga perlu dicermati bersama oleh panitia,” tutupnya.(wan/gnr)

Kirim Komentar