15 Feb 2018 10:26

Penantang Menguat, Petahana Terancam

MyPassion

BOLMUT—Petahana Depri Pontoh (DP) bersama pasangannya Amin Lasena bisa terancam untuk pilkada kali ini. Pasalnya, kekuatan dua paslon lain, Hamdan Datunsolang-Murianto Babay dan Karel Bangko-Arman Lumoto terus terbangun dari akar rumput.

 

Menurut sejumlah pengamat, mesin birokrasi yang menjadi kekuatan DP tidak boleh dijadikan satu-satunya sandaran. Apalagi dengan ketatnya aturan tentang netralitas aparatur sipil negara (ASN). “Jadi jika incumbent lengah, dan hanya terlalu berharap pada kekuatan mesin birokrasi maka bisa-bisa kalah dalam pertarungan politik ini,” ujar pengamat.

Lanjutnya, dilihat dari sebaran massa pendukung, kedua paslon penetang memiliki basis riil dan loyal. Seperti Hamdan-Murianto, dipastikan akan meraup suara besar di Kecamatan Bintauna dan Sangkub. Mengingat dua wilayah ini adalah basis massa Hamdan sejak pilkada bergulir. Sangkub sendiri memiliki pemilih 7.056 berdasarkan DPT Pilgub Sulut. Sedangkan Bintauana memiliki pemilih 10.190. Hamdan tentunya berharap dukungan suara dari Murianto yang berasal dari Kecamatan Bolangitang Barat.

Sedangkan paslon Karel Bangko dan Arman Lumoto juga berharap dukungan massa di Bintauna-Sangkub . Mengingat Bangko yang berasal dari Bintauna. Bahkan Bintauna mampu mengantarkan Bangko sebagai Ketua DPRD Bolmut selama dua periode. Sementara Lumoto yang didukung Christoffel Buhang berharap mendulang suara di wilayah Kecamatan Kaidipang-Pinogaluman. Mengingat juga wilayah ini mengantarkan Lumoto sebagai Wakil Ketua DPRD. Selain itu, Lumoto juga berasal dari Kecamatan Kaidipang.

Lepas dari sejumlah analisis politik, masing-masing paslon tetap optimis akan memenangkan pertarungan lima tahunan ini. Seperti Hamdan mengatakan, dirinya yakin menang karena mendapat dukungan penuh masyarakat. "Apalagi didukung langsung oleh rakyat melalui jalur independen," ungkapnya. (tr-05/can)

Kirim Komentar