15 Feb 2018 08:21
SBANL Terbanyak, Waleleng Muncul di P/KB dan BPMS

Pdt Arina Unggul Ronde 1

MyPassion

MANADO—Pdt Dr Hein Arina unggul ronde pertama nominasi Badan Pekerja Majelis Sinode (BPMS) GMIM. Dia meraup dukungan 804 jemaat. Sekretaris Panitia Pemilihan Pdt Janny Lompoliu mengatakan nama-nama ini yang memenuhi syarat sesuai tata gereja GMIM untuk dipilih. “Unggul nominasi, tapi belum mutlak akan terpilih,” tuturnya.

 

Di sisi lain, Arina mengatakan tahapan pemilihan masih dalam proses. "Ini semua masih berproses. Yah, senang bisa masuk kategori Ketua BPMS. Kita ikuti saja perkembangannya," ujarnya sambil tersenyum.

Arina juga mengakui sistem pemilihan yang dipakai GMIM jauh berbeda dari mekanisme sebelumnya. Namun, ia meyakini regulasi saat ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas pelayan nanti. "Saya yakin lewat proses ini makin memperkuat komitmen kita untuk melayani dan  berintegritas," ujarnya.

Di BPMS, setelah Arina disusul Syamas Recky Montong, dan posisi ketiga Pdt Dr Hendri Runtuwene (grafis lengkap di halaman 8, red).

Sementara di Majelis Pertimbangan Sinode (MPS), tiga nama teratas yakni Pdt HWB Sumakul, Pdt Arthur Rumengan, dan Pdt PM Tampi.

Untuk Badan Pengawas Perbendaharaan Sinode (BPPS), ada Gubernur Sulut Olly Dondokambey SE, Maurits Berhandus SH MSi, dan Adrianus Wuwung. Ketua BPMS GMIM Pdt HWB Sumakul mengatakan, seluruh jemaat serta nama-nama yang telah masuk penjaringan sama-sama bergumul, agar siapapun sebagai calon tetap merupakan pilihan tepat.

"Jadi bukan seperti Pilkada. Harus bersosialisasi ke masyarakat, raup simpati. Tetapi jiwa melayani yang utama. Mari sama-sama kita bawa dan gumuli, segala yang terbaik untuk kemajuan GMIM," ujar Sumakul

Dirinya mengakui sistem pemilihan pelayan khusus kali ini lumayan rumit. Dirinya tak menampik, perubahan tersebut membuat jemaat bingung dan butuh adaptasi. "Rumit juga yah, tapi cara ini justru meminimalisir kesalahan, makin selektif tapi tetap mengacu pada aturan dasar. Toh, di tahun-tahun depan, akan ada evaluasi lagi," timpalnya.

Di sisi lain, Pnt Ir Stefanus BAN Liow (SBANL) terbanyak di  nominasi Pria Kaum Bapa (P/KB). Dia meraih dukungan terbanyak 848 jemaat. SBANL mengalahkan peraih nominasi terbanyak, baik BPMS, Majelis Pertimbangan Sinode (MPS), Badan Pengawas Perbendaharaan Sinode (BPPS), maupun komisi BIPRA.

12
Kirim Komentar