13 Feb 2018 15:05

Membahayakan, Sudah 200 Pohon Dipangkas dan Dipotong

MyPassion
Infografis (Dok.MP)

RATUSAN pohon di pinggir jalan Kota Manado akan dipangkas. ”Sejak Desember sampai sekarang, kami sudah memotong dan memangkas sekira 200 pohon yang membahayakan pengguna jalan,” ungkap Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kota Manado Yohanis Benard Waworuntu.

Langkah ini, katanya, akan terus dilakukan. Tim satuan tugas pemeliharaan pohon dari DLH dibantu petugas kecamatan setiap hari memangkas pohon rawan roboh dan sudah mengganggu aktivitas warga. ”Sebab masih banyak pohon khususnya terang besi membahayakan pengguna jalan belum dipotong. Ini tersebar di wilayah Kota Manado,” ujarnya. Dia mengatakan, setelah dipotong dilakukan peremajaan. ”Kami akan tanam pohon angsana dan mahoni,” sebutnya.

Kepala Bidang Pengendalian Pencemaran dan Kerusakan Lingkungan Dra M Indriarti mengatakan, pohon yang membahayakan pengguna jalan tersebar di Kecamatan Tuminting, Singkil, Malalayang, Samrat, dan Paal Dua. ”Tim Satgas pemeliharaan pohon bergerak cepat memangkas dan memotong pohon membahayakan. Sebab sekarang lagi musim hujan. Jangan sampai ada lagi yang menjadi korban karena tertimpa pohon,” ujarnya

Terpisah, Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kota Manado Maximilian Tatahede mengatakan, sesuai pengamatan Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) hujan masih akan mengguyur Kota Manado dan disertai angin. ”Kami mengimbau pengguna jalan ketika hujan dan angin hati-hati melintas maupun berteduh di pohon sudah tua maupun rapuh,” imbaunya. (ite/gel)

Kirim Komentar