13 Feb 2018 15:09

Jalan Blongko Belum Normal, Longsor Bertambah

MyPassion
MASIH RAWAN: Evakuasi material longsor di jalan trans Sulawesi Desa Blongko Kecamatan Sinonsayang. Meski sudah bisa dilewati, tetapi harus antri karena menggunakan sistem buka tutup, kemarin. (BPBD Minsel)

SEMPAT lumpuh beberapa jam, akhirnya jalan raya di Desa Blongko Kecamatan Sinonsayang Minahasa Selatan (Minsel) bisa dilewati. Meski harus antri, karena diberlakukan sistem buka tutup.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Minsel Handrie Komaling mengungkapkan, enam alat berat Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Minsel dan Balai Jalan XI diturunkan untuk membersihkan material longsor.
"Harusnya sudah teratasi tapi ada longsor susulan bahkan di titik berbeda sehingga agak lambat. Tapi dengan bantuan lima eskavator dan dozer, kita upayakan hari ini (kemarin,red), jalan sudah bisa terbuka semua. Karena petugas gabungan dan masyarakat juga melakukan upaya pembersihan," jelasnya.

Menurutnya, status bencana segera dinaikkan menjadi darurat bencana, dan menunggu persetujuan Bupati Christiany Eugenia Paruntu.

Sebab, berdasarkan hasil asessment yang dilakukan dampak bencana terbilang berat. Sekira 40 Kepala Keluarga (KK) menjadi korban bencana di 10 titik besar di Minsel. Kerugian pun mencapai ratusan juta. "Tapi untuk sementara kita masih fokus di Blongko. Antisipasi titik longsor baru, karena potensi masih besar melihat cuaca yang masih ekstrem. Masyarakat yang akan berjalan jauh kita imbau ditunda dulu bila tidak terlalu penting," tutur dia.

Sementara itu, Kasatlantas Polres Minsel AKP Ferdinand Runtu mengungkapkan, meski telah terbuka, jalur belum bisa dilewati normal. Pengendara masih dianjurkan melewati jalan alternatif. "Kita masih rekayasa buka tutup jalur satu arah," ungkapnya.

Terpisah, Sekretaris Desa Alfrits Durandt menjelaskan, hanya ada kerugian material sebab di wilayah tersebut ada beberapa rumah makan milik warga. "Kita masih mengantisipasi longsor susulan sebab hujan masih deras," tukasnya.
Diketahui, jalur tersebut telah terjadi longsor sepanjang 300 meter menutupi badan jalan dengan lebar 12 meter serta tinggi longsor mencapai 6 meter. (jen/ria)

Kirim Komentar