12 Feb 2018 10:41

16 Paslon Yakin Lolos, E2L Kontroversial

MyPassion
Pilkada

SIAPA calon yang akan jadi peserta pemilihan kepala daerah (Pilkada) serentak 2018 di enam kabupaten/kota di Sulut, ditetapkan hari ini oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU). 16 pasang kandidat yang sudah mendaftarkan diri di KPU Minahasa, Bolmong Utara, Minahasa Tenggara, Kotamobagu, Talaud, dan Sitaro, optimistis bisa lolos. Termasuk lima pasangan independen yang harus menempuh tahapan panjang untuk bisa dinyatakan sebagai calon.

Kandidat calon Bupati Minahasa Royke Roring saat dihubungi mengaku sangat yakin diloloskan KPU. “Saya sudah pernah melewati tahapan seperti ini. Bersama pasangan saya Pak Robby Dondokambey, kita sudah masukkan semua syarat sesuai prosedur. Pasti lolos,” sebut Roring, sembari meminta dukungan dan doa dari masyarakat Minahasa untuk dirinya dan Robby Dondokambey yang akan melalui tahapan ini.

Demikian halnya disampaikan bakal calon bupati Minahasa Tenggara James Sumendap. Menjadi satu-satunya pendaftar di KPU, Sumendap mengaku sangat yakin diloloskan KPU. “Semua prosedur sudah saya ikuti. Apalagi saya menjadi satu-satunya calon di Pilkada Mitra, saya yakin lolos,” tukas incumbent bupati ini. Diapun mendukung langkah-langkah KPU menjalankan setiap tahapan Pilkada.

Di sisi lain, para calon independen harap-harap cemas. Banyaknya persyaratan yang harus dipenuhi membuat mereka ekstra waspada. Misalnya saja di Kota Kotamobagu, jumlah dukungan pasangan independen Jainuddin Damopolii-Suharjo Makalalag (Jadi-Jo) sempat diwarnai dinamika. Namun hingga kemarin, mereka hampir pasti resmi bersaing dengan Tatong Bara-Nayodo Kurniawan yang diusung delapan parpol.

Berdasarkan pleno KPU Kotamobagu pekan lalu, berkas Jadi-Jo memenuhi ketentuan sebagaimana syarat minimal amanat PKPU minimal 8,5 persen dari presentasi wajib pilih di Kota Kotamobagu.

12
Kirim Komentar