10 Feb 2018 08:42
Melihat Suasana Kampung Cina Jelang Imlek

Klenteng Ini Favorit Sembahyang Turis Tiongkok

MyPassion
SAMBUT IMLEK: Turis Tiongkok di Kelenteng Ban Hing Kiong. Mereka datang berdoa meminta keberkahan di tahun baru yang akan datang. Foto: Rangga Mangowal/MP

Seminggu jelang perayaan Tahun Baru Imlek, suasana Kampung Cina Manado makin ramai. Kelenteng Ban Hing Kiong jadi lokasi yang paling padat aktivitas. Ratusan turis Tiongkok memilih sembahyang di kelenteng tertua di Sulut itu.

 

Laporan, Rangga Mangowal

AWAN gelap menutup langit Kota Manado, Rabu (7/2) pagi. Tepat pukul 10.00 WITA, di Jalan DI Panjaitan, Kelurahan Calaca, beberapa bus pariwisata yang mengangkut turis asal Tiongkok, parkir. Tujuan ratusan turis itu, tak lain adalah Kelenteng Ban Hing Kiong.

Begitu turun, mereka langsung menuju bagian dalam kelenteng. Sebagian mengabadikan momen dengan kamera, sebagian lagi tampak menuju altar berisi arca dewa-dewa.

Di situ, tersedia dupa. Mereka yang sembahyang kemudian mengambil dan membakar dupa. Setelah mengucap doa, dupa diletakkan di atas wadah yang tergantung di depan altar.

Di luar kelenteng, terlihat seorang kakek asik bercengkrama dengan satu pasang turis. Ternyata kakek yang diketahui bernama Ko Hin ini adalah asli Manado. Pria 72 tahun ini ternyata fasih berbahasa Cina.

Dibantu Ko Hin sebagai translator, wartawan koran ini, kemudian mewawancarai sepasang turis tersebut. Turis bernama Ammie dan Kim ini, berencana merayakan Tahun Baru Imlek di Manado. “Kami sangat senang bisa berkunjung ke Kota Manado. Makanannya enak-enak. Rencananya pas tahun baru datang ke sini untuk berdoa,” ungkap turis asal Guangzhou itu.

Tak hanya diramaikan oleh kedatangan turis Tiongkok, umat Tridharma yang berada di sekitar kelenteng terlihat sibuk mempersiapkan perlengkapan. Di halaman klenteng Ban Hing Kiong, beberapa pemuda mendekorasi dua tenda kecil berwarna merah. Ternyata  mereka tergabung dalam Gerakan Pemuda Tridharma (Gemtridha) Kelenteng Ban Hing Kiong. Rencananya, akan ada bazar jelang tahun baru.

Disampaikan Ketua Pemuda Gemtridha Marcel Rasubala, untuk menyambut Imlek umat Tridharma Ban Hing Kiong menggelar tiga kegiatan. “Pertama Festival Taisen Ye Minggu (11/2) nanti. Mirip acara sinterklas kalau di Manado. Digelar di atrium Mega Mall,” ungkapnya selepas mendekorasi tenda bazar.

Yang kedua lanjutnya, bazar Imlek. “Ini yang sementara kita dekorasi dari siang tadi. Jadi dalam bazar ini akan dijual seperti lampion dan pernak-pernik bernuansa Imlek lainnya. Untuk bazar dibuka mulai hari ini sampai tanggal 9. Kemudian lanjut dari tanggal 12 sampai 14. Bazar ini dibuka dari jam 6 sampai 9 malam,” lanjutnya.

Kegiatan ketiga ungkap Marcel, yaitu Festival Moon Cake atau Kue Bulan. “Jadi umat Budha Tridharma menyumbang dengan cara membeli kue yang harganya berkali lipat dari harga biasa. Tujuannya supaya berkat di tahun baru yang akan datang bakal lebih besar lagi,” tukasnya.(***)

Kirim Komentar