09 Feb 2018 13:14

Wajib Tuntaskan 40 Ribu Sertifikat PTSL

MyPassion

MANADO—Kantor Wilayah Badan Pertanahan Nasional (BPN) Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) memasang target mengeluarkan 40 ribu sertifikat tahun ini. Hal tersebut sejalan dengan program Presiden Joko Widodo terkait pendaftaran tanah sistematis lengkap (PTSL).

Ribuan sertifikat ini tersebar di kabupaten/kota Sulut. Kanwil BPN Sulut Freddy Kolintama mengatakan, jika sertifikat ditargetkan 40 ribu, maka pengukuran lahan 60 ribu bidang tanah. "Untuk 2018, di tahapan awal penyuluhan. Namun sesuai juknis, 15 Februari sudah ada Kantor Pertanahan yang mulai melakukan pengukuran. Itu dilakukan pihak ketiga dan itu harus menunggu pemenang," sebutnya.

Dirinya mengatakan, dari target 40 Ribu tersebut bisa saja bertambah dalam APBN Perubahan. "Sertifikat yang tuntas tahun lalu akan diberikan langsung presiden," ucapnya, sembari menegaskan pihaknya akan memastikan tak ada pungutan liar dalam menjalankan program ini. “Itu wajib. Tak boleh ada pungli. Kedapatan akan langsung ditindak,” tutupnya.

Pengamat pemerintahan Dr Goinpeace Tumbel mengatakan, Kementerian Agraria dan Tata Ruang harus bisa mengontrol BPN di provinsi. “BPN Sulut harus bekerja keras mencapai target. Program Pak Jokowi ini terkait legalitas atas hak tanah dan menekan angka permasalahan sengketa yang banyak terjadi di Indonesia," ucap Tumbel. Dirinya mengingatkan, target tersebut harus dicapai BPN Sulut. “Tentu dengan catatan khusus, jangan ada pungutan liar,” kuncinya.(tr-02/gel)

Kirim Komentar