09 Feb 2018 15:07

Musim Penghujan, Bapok Merangkak Naik

MyPassion
MULAI MELAMBUNG: Harga ikan di Pasar Beriman Kota Tomohon naik dikarenakan curah hujan yang berpengaruh pada hasil tangkapan nelayan. Foto: Julius Laatung/MP

TOMOHON—Selain bencana, yang jadi kekhawatiran warga yakni naiknya harga kebutuhan pokok (Bapok). Terpantau di Pasar Beriman Paslaten, harga ikan mengalami peningkatan sebesar Rp 5.000. Ikan Cakalang yang dulunya dibanderol Rp 25.000 per ekor kini naik menjadi Rp 30.000, tergantung besar kecil ukuran.

"Supplier dari Bitung biasanya kan kita beli per keranjang itu Rp 750.000. Nah, sekarang harganya naik jadi Rp 900.000. Mereka berdalih hasil tangkapan sedikit karena banyak nelayan enggan melaut," ungkap pedagang setempat Dina Rasuh.

Sementara itu, Rommy Bolah warga Kelurahan Kuranga menuturkan, kondisi saat ini masih bisa ditolerir. Range lonjakan harga, diakuinya masih dalam taraf kewajaran. "Jadi belinya secukupnya saja. Yang penting masih bisa masak untuk keluarga," katanya.

Tak hanya ikan, harga jual bumbu-bumbu dapur pun mengalami peningkatan. Untuk tomat yang biasanya dijual dengan harga Rp 3.000/kg, kini dijual dengan harga Rp 10.000/kg. Curah hujan tinggi saat ini, jadi penyebab menyebabkan menurunnya volume produksi. "Tomat dan batang bawang mahal. Cabai rawit (rica, red) masih normal. Begitu juga beras dan harga daging potong," papar pedagang Ivon Pangemanan.

Terpisah, Kepala Bagian Perekonomian Harny Korompis mengatakan, upaya penetrasi pasar terus dilakukan pihaknya. Menjaga tatanan harga pasar ideal dan besaran inflasi senantiasa menjadi prioritas pihaknya.

"Tiap hari ada staf dari dinas terkait, mencacat semua harga eceran di pasar-pasar tradisional. Dan nantinya dilaporkan, kemudian dicari akar permasalahannya. Saya pikir saat ini, kondisi harga masih dalam kisaran normal," tukasnya.(jul/tan)

Kirim Komentar