09 Feb 2018 15:12
Lolowang: Masyarakat Harus Siaga

Lima Titik Terkena Longsor

MyPassion
TANGGAP: Robby Kalangi (paling kiri), Harold Lolowang (kedua kiri) dan I Ketut Agus Kusmayadi SIK (ketiga kiri) saat melakukan pemantauan pembersihan material longsor di ruas jalan Rurukan-Tondano, Kamis (8/2).

TOMOHON—Hujan seharian yang mengguyur Kota Tomohon kemarin (8/2), membuat sejumlah titik tertimpa longsor. Terpantau, tiga titik di ruas jalan Rurukan-Tondano, satu titik di Kelurahan Lahendong dan satu lagi di Kelurahan Kakaskasen. Hingga berita ini diturunkan, belum ada laporan korban jiwa akibat peristiwa itu.

Mengantisipasi terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) bergerak cepat bersama instansi terkait lainnya. "Pembersihan kita mulai pukul 07.30 WITA, dibantu aparat kepolisian, TNI dan sejumlah relawan. Melibatkan satu alat berat, Pukul 09.30 material longsor berhasil kita bersihkan, karena menutupi sebagian ruas jalan Rurukan-Tondano," ungkap Kepala BPBD Tomohon Robby Kalangi.

Sekretaris Kota (Sekkot) Ir H Lolowang bersama Kapolres Tomohon AKBP I Ketut Agus Kusmayadi SIK juga memantau jalannya proses pembersihan.

Dikatakan Lolowang, warga masyarakat patut bersiaga mengingat kondisi cuaca ini, diperkirakan masih akan berlanjut hingga beberapa hari ke depan.

"Lebih khususnya warga yang tinggal di lereng dan perbukitan. Kalau boleh sementara waktu mencari tempat yang lebih aman. Menghindar, karena kontur tanah menjadi labil diterpa hujan setiap hari," imbaunya.

Senada, Kapolres Tomohon AKBP I Ketut Agus Kusmayadi mengatakan, meminimalisir kejadian dan mencegah jatuhnya korban jiwa pihaknya siap berkoordinasi dengan pemerintah setempat, baik dalam penanganan dan proses pembersihan jalan nantinya.

"Siap kita instruksikan kepada semua anggota, memantau dan mengawasi jika sewaktu-waktu ada bencana," singkatnya.(jul/tan)

Kirim Komentar