09 Feb 2018 15:14

Debut Gol Coutinho Antar Barcelona ke Final Copa del Rey

MyPassion
Philippe Coutinho. Foto: AFP

VALENCIA - Bintang anyar Barcelona Philippe Coutinho 'sah' bergabung bersama geng Lionel Messi. Pemain yang diangkut Barca dari Liverpool itu membuka rekening golnya. Itu terjadi di leg kedua semifinal Copa del Rey, Juamt (9/2).

Bertandang ke markas Valencia di Mestalla, Coutinho mencetak satu gol dalam kemenangan Barcelona 2-0.

Kemenangan 2-0 di Mestalla membuat Barcelona melaju ke final dengan keunggulan agregat 3-0. Pada semifinal leg pertama di Camp Nou, Blaugrana meraih kemenangan dengan skor 1-0.

Sadar hanya kemenangan yang bisa membawa ke final, Valencia tampil dengan kekuatan penuh. Mereka pun menggebrak sejak menit awal. Namun, Barcelona adalah tim yang piawai dalam mengontrol pertandingan. Tampil di kandang lawan, Lionel Messi cs tak panik dan tetap mampu mendominasi permainan.

Babak pertama berakhir imbang tanpa gol. Meski begitu, terlihat baha Blaugrana mampu sepenuhnya menguasai permainan. Baik dalam penguasaan bola maupun serangan, tim asuhan Ernesto Valverde itu lebih unggul.

Putusan Valverde dengan menarik keluar Andre Gomes dan memasukkan Coutinho pada menit 46 berbuah hasil brilian. Gelandang serang asal Brasil itu membuka gol kemenangan Barcelona pada menit 49 setelah memanfaatkan umpan silang dari Luis Suarez.

Unggul 1-0, Barcelona tak mengendurkan serangan. Setelah beberapa kali upaya gagal, Ivan Rakitic mampu membobol gawang Valencia dan membawa Blaugrana unggul 2-0. Gol Raktic tercipta pada menit 82 dan Suarez lagi-lagi berperan dengan umpan matangnya.

Skor 2-0 bertahan hingga laga berakhir. Kemenangan tersebut membuat Barcelona melaju ke final dan menghadapi Sevilla yang terlebih dahulu meraih tiket partai puncak.

Secara keseluruhan, Barcelona memang layak meraih kemenangan. Mereka memang kalah dalam jumlah tembakan yakni 11 berbanding 12, namun lebih unggul dalam hal efektivitas. Jumlah tembakan tepat sasaran Barcelona mencapai 6, sedangkan Valencia hanya 4. Sedangkan penguasaan bola, Barcelona sangat dominan sebanyak 64 persen.

Ini menjadi final ke-40 Barcelona di Copa del Rey. Dari 39 final sebelumnya, Barcelona mampu juara 29 kali. Barcelona merupakan raja dari ajang ini. (epr/jpc)

Susunan Pemain
Valencia: 1-Jaume, 5-Gabriel Paulista, 14-Gaya, 21-Martín Montoya, 24-Ezequiel Garay, 10-Parejo, 16-Geoffrey Kondogbia, 17-Francis Coquelin (Soler 55'), 8-Luciano Vietto, 9-Simone Zaza, 19-Rodrigo (Guedes 55')
Pelatih: Marcelino Garcia Toral

Barcelona: 13-Jasper Cillessen, 3-Pique (Mina 84), 18-Jordi Alba, 23-Samuel Umtiti, 4-Ivan Rakitic, 5-Busquets, 8-Iniesta (Paulinho 65'), 20-Sergi Roberto, 21-Andre Gomes (Coutinho 46'), 9-Luis Suarez, 10-Lionel Messi
Pelatih: Ernesto Valverde

Kirim Komentar