06 Feb 2018 14:50

Tiga Ruas Jalan di Tomohon Rawan Longsor

MyPassion
BERSIHKAN MATERIAL: BPBD Kota Tomohon mengerahkan satu unit alat berat guna mengangkat runtuhan pohon bambu di ruas jalan Manado-Tomohon, beberapa waktu lalu.

TOMOHON—Beberapa hari terakhir, hujan deras mengguyur sejumlah daerah di Sulut, termasuk di Tomohon. Karenanya, warga Kota Bunga diminta waspada ketika melintasi beberapa ruas jalan yang rawan longsor. “Ada beberapa titik yang kita petakan rawan longsor. Ruas jalan Woloan-Tara-tara, Rurukan-Kumelembuai dan Kinilow- Tinoor," ungkap Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah Robby Kalangi.

Lanjutnya, hujan dengan intensitas sedang dan berlangsung selama berhari-hari, berpotensi meningkatkan kadar jenuh tanah. Alhasil, tak kuat menahan beban dan pada akhirnya terjadi longsor. "Justru kalau hujan deras masih jauh lebih aman. Nah, yang diwaspadai kalau hujan selama berhari-hari tapi curahannya sedang," paparnya.

Tak hanya longsor, erupsi gunung berapi juga jadi ancaman. Apalagi, saat ini Gunung Lokon statusnya siaga II. “Belum ada penurunan aktivitas Gunung Lokon. Masyarakat juga telah kami informasikan, untuk tidak beraktivitas dalam radius tertentu," tukasnya.(jul/tan)

Kirim Komentar