05 Feb 2018 09:17
Upacara Cuci Arca Umat Tridharma Kelenteng Kwan Kong

Didahului Puasa Daging, Magnet Wisatawan

MyPassion
Foto: Reza Mangantar/MP

Tahun Baru Imlek kian dekat. Berbagai upacara digelar umat Tridharma Kota Manado menyambut perayaan memasuki tahun anjing ini. Salah satunya cuci arca.

 

Laporan: Chintya Rantung

UPACARA cuci arca sudah jadi prosesi wajib jelang Tahun Baru Imlek. Seperti terpantau di Kelenteng Kwan Kong di kawasan Kampung Cina Manado, Minggu (4/2), kemarin. Umat berbondong membersihkan arca yang mengisi kelenteng. Dari lantai satu hingga lantai tiga. Sebelumnya digelar sembahyang.

Umat khusyuk mengikuti tahap demi tahap. Arca dari lantai tiga diturunkan. Giliran para wanita Tridharma (wantrida) bersama pemudi kelenteng membersihkan satu demi satu arca. Ini dilakukan sejak pagi, pukul 09.00 Wita, hingga sore hari. Setelah itu arca dikembalikan ke tempatnya semula. Upacara ini ditutup dengan sembahyang sebagai ucapan syukur telah menyelesaikan tahapan tersebut.

Dari penuturan Ketua Kelenteng Kwan Kong Hanny Rumengan, sebelum upacara Cuci Arca, umat Tridharma melakukan cia cae atau puasa. “Puasa tersebut tidak makan berdaging dan berdarah. Hanya makan makanan vegetarian. Tujuannya untuk membersihkan diri sebagai bentuk pengendalian umat dan mempersiapkan memasuki Tahun Baru Imlek,” sebutnya.

Para petugas yang mencuci arca pun mengenakan pakaian khas. Dinamakan kin sin. Selain itu, air yang digunakan untuk mencuci bukan sembarangan. Disebut Rumengan, air suci. Usai Cuci Arca, umat Tridharma akan melaksanakan sembahyang Sang Sin.

“Upacara ini menghantar Yang Sinbeng melaksanakan tugas suci menghadap Giok Hong Siang Te (Giok Te). Untuk melaporkan hal-hal baik kehidupan umat selama setahun dan boleh mendapatkan keberuntungan di tahun akan datang. Sembahyang Sang Sin digelar 9 Februari mendatang,” kata Rumengan.

Dari pantauan, bukan hanya umat Kelenteng Kwan Kong yang ikut prosesi Cuci Arca ini. Sejumlah wisatawan asal Tiongkok terlihat hadir. Mereka sembahyang. Beberapa dari mereka mengambil gambar sebagai kenang-kenangan.(***)

Berita Terkait
Kirim Komentar