03 Feb 2018 10:55

Jumlah Penumpang Naik 13 Ribu, Kapal Laut Masih Diminati

MyPassion

MANADO—Transportasi menggunakan kapal laut masih tinggi peminat. Data dari Badan Pusat Statistik (BPS) Sulut, jumlah penumpang kapal laut yang berangkat (debarkasi) bulan Desember 2017 tercatat 50 ribu pengumpang.  Jumlah ini meningkat dibanding Desember tahun sebelumnya yaitu 37 ribu penumpang (lihat grafis, red). Atau naik sekira 13 ribu.  Kepala BPS Sulut Muhamad Edy Mahmud menuturkan, data angkutan laut ini berasal dari 12 pelabuhan di Sulut. “Ada peningkatan minat penumpang angkutan laut. Terlihat dari naiknya jumlah penumpang baik datang dan berangkat,” singkat Edy.

Terpisah, pengamat transportasi Sulut Dr Semuel Rompis mengungkapkan, kenaikan jumlah penumpang angkutan laut harus dilihat dulu tujuan penggunanya. “Kemungkinan besar yang naik perjalanannya hanya di Sulut, kalau misalnya ke luar Sulut saya pesimis jika itu naik,” ujarnya. Dia menambahkan, tren perkembangan jumlah penumpang kalau ia naik sebenarnya seiring dengan pertumbuhan ekonomi. “Menurut saya hal ini karena pengaruh pertumbuhan ekonomi Sulut yang semakin baik,” ujarnya.

Dia melanjutkan, jika orang berangkat dengan tujuan ekonomi pasti mereka ingin transportasi yang lebih cepat. “Jarak itu sangat menentukan,” ucapnya. Menurutnya jika jarak dekat pasti akan cenderung memilih kapal laut sebagai sarana transportasi. “Apalagi jika dihubungkan dengan barang bawaan, artinya jumlah bagasi,” katanya.

Menurutnya, peningkatan ini bukan karena pemilihan moda transportasi antara pesawat terbang atau kapal laut. Namun, karena pelabuhan di Sulut semakin baik dalam pelayanan. Juga kapal laut yang ditawarkan sudah semakin bervariasi. “Karena sekarang sudah ada kapal cepat.

Dulu untuk ke Kepulauan Sitaro misalnya, membutuhkan waktu semalaman, sekarang tiga jam sudah tiba di sana,” ujarnya.  Dia memastikan, pemilihan moda transportasi masih karena dipengaruhi jarak. “Perbandingan dengan jarak yang cukup jauh, saya yakin penumpang masih akan memilih pesawat terbang,” kunci dosen fakultas teknik Unsrat tersebut. (tr-05/fgn)

Kirim Komentar