27 Jan 2018 10:22

Siaga II, Pendakian Gunung Lokon Dihentikan Sementara

MyPassion
Ilustrasi

TOMOHON—Status Gunung Lokon ditetapkan menjadi siaga II. Dengan penetapan ini, Polres Tomohon melalui Bhabinkambtibmas Polsek Tomohon Utara mengantisipasi para pendaki gunung lokon di kelurahan Kakaskasen Satu Kecamatan Tomohon Utara.

Agar untuk sementara waktu tidak melakukan aktivitas pendakian. “Status Gunung Lokon telah meningkat. Dan sewaktu-waktu bisa mengancam nyawa para pendaki maupun masyarakat sekitar,” ujar personil Bhabinkamtibmas Kelurahan Kakaskasen I Kecamatan Tomohon Utara, Bripka Indra Efendi.

Pihaknya pun terus berkoordinasi  dengan kantor Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) atau pemantau gunung berapi Kota Tomohon, guna mengupdate informasi setiap waktunya. “Selain itu ada juga perwakilan Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) dalam rangka mengosongkan aktifitas masyarakat di radius lima kilometer dari pusat kawah gunung lokon,” pungkas Efendi.

Terpisah, Kabag Ops Polres Tomohon Kompol Thonny Salawati mengapreasiasi upaya preventif ini. Dirinya mengajak seluruh masyarakat untuk mewaspadai segala kemungkinan terburuk. “Tetap siaga, dan terus perbarui informasi dari Kantor Pemantau Gunung Berapi. Bagi para Pendaki, jangan dulu melakukan aktivitas di sekitar gunung. Sangat beresiko bagi nyawa,” singkatnya.

Kepala BPBD Tomohon Robby Kalangi menambahkan, saat ini pihaknya telah mengosongkan area yang masuk radius 1,5 kilometer dari puncak kawah gunung Lokon.  “Tidak diperkenankan ada aktivitas warga di radius tersebut, karena potensi berbahaya. Berlaku untuk semua, baik pendaki gunung, petani berkebun dan penambangan galian c,” tukas Kalangi. (jul/fgn)

Kirim Komentar