27 Jan 2018 10:10

Pembangunan Jalan Tol Makan Korban

MyPassion
RUSAK PARAH: Jalan by pass worang di Kecamatan Kauditan yang sementara dilaksanakan pembangunan jalan tol Manado-Bitung semakin rusak dan disejumlah titik berlobang. Foto: Ridel Palar/MP

MINUT—Masuknya mega proyek di Minahasa Utara (Minut) sangat menguntungkan bagi roda perekonomian daerah. Parahnya, jika pengerjaannya dilakukan tidak sesuai aturan, akan berdampak negatif bagi warga.

Seperti terjadi di jalan by pass worang Desa Tumaluntung Kecamatan Kauditan, yang saat ini sementara dilaksanakan pekerjaan jalan tol Manado-Bitung. Jalan ditempat tersebut semakin rusak, bahkan disejumlah titik sudah berlobang. Karena alat berat dan truk yang sering lewat. Tak hanya itu, material yang berhamburan menggangu aktivitas pengendara.

Tak heran, hampir semua pengendara yang lewat mengeluh. “Harus ekstra hati-hati melewati jalan ini. Karena sudah banyak yang berlobang bahkan besar. Apalagi saat hujan, air menggenangi lobang, hingga kadang kita tak sadar sudah masuk lobang,” kata Angga salah satu pengendara.

Senada dikatakan Varnio warga sekitar. “Jalan tersebut sudah beberapa kali memakan korban khususnya pengendara sepeda motor. Sudah banyak yang mengalami kecelakaan dijalan ini. Karena selain berlobang, material juga ada yang berhamburan di jalan,” ujarnya.

Untuk itu, kami berharap, pemerintah dapat memperhatikan hal ini. “Khususnya juga kepada pelaksana proyek jalan tol ini, dapat memperbaiki jalan ini. Jangan sampai jalan ini terus memakan korban. Jangan sampai nanti ada korban jiwa baru akan diperhatikanm,” harapnya.

Terpisah, Hukum Tua Desa Tumaluntung Ifonda Nusa mengungkapkan, sebagai pemerintah desa, dirinya sudah mengusulkan akan perbaikan jalan tersebut dan lebih memperhatikan lingkungan sekitar saat melakukan pengerjaan tersebut.

Sementara itu, Kepala Dinas Pekerjaan Umum Minut Yossi Kawengian mengatakan, jalan tesebut adalah jalan provinsi. “Tetapi nanti akan kami sampaikan ke provinsi dan perusahaan terkait,” tukasnya. Sembari berharap, secepatnya akan direspon dan dilakukan perbaikan.(*/ria)

Kirim Komentar