27 Jan 2018 10:18
Syarat Naik Pangkat

78 PNS Diuji Kompetensi

MyPassion
Ilustrasi

BOLMUT – Sebanyak 78 Pegawai Negeri Sipil (PNS) mengikuti ujian dinas yang dilaksanakan Badan Kepegawaian Pendidikan dan Pelatihan (BKPP) Bolmut, kemarin. Menariknya, ujian ini tidak hanya diikuti para PNS Bolmut, namun juga diikuti para PNS dari luar daerah.

Sekretaris Kabupaten (Sekkab) Bolmut Dr Asripan Nani MSi mengatakan, ujian dinas ini dilaksanakan dalam memfasilitasi dan memberikan kesempatan bagi para PNS untuk naik pada jenjang pangkat dan golongan yang lebih tinggi.”Kenaikan pangkat bagi PNS merupakan salah satu cara untuk meningkatkan prestasi kerja dan pengabdian PNS kepada Negara,” ujarnya.

Dia menjelaskan, kenaikan pangkat bukanlah hak, namun penghargaan yang diberikan oleh pejabat berwenang karena prestasi kerja yang diperoleh sesuai dengan persyaratan dan peraturan yang berlaku. “Mekanismenya dilaksanakan lewat ujian dinas bagi para PNS yang telah memenuhi persyaratan,” sebutnya.

Menurutnya, mekanisme ini sudah sesuai dengan paradigma pemerintahan yang mengacu pada optimalisasi kinerja aparatur pemerintah yang profesional, jujur, adil dan transparan dalam penyelenggaraan tugas pemerintahan, pembangunan dan kemasyarakatan.

“Ingat PNS dituntut memiliki kompetensi yang diindikasikan dari sikap perilakunya yang penuh dengan kesetiaan, ketaatan pada negara dan pemerintah. Juga bermoral dan bermental baik, profesional, sadar tanggung jawab sebagai pelayan publik serta mampu menjawab tantangan masa depan yang semakin kompleks,”  paparnya.

Sementara Kabid Diklat Salim Eato mengatakan, jumlah peserta yang mengikuti ujian 78 orang, terdiri dari 73 PNS Bolmut dan 5 orang PNS dari luar daerah, termasuk dari Bolsel.  Dijelaskannya, ujian dinas ini bakal menyesuaikan kepangkatan PNS dari golongan IId ke IIIa (tingkat I) dan golongan IIId menjadi IVa (tingkat II). "Harapannya ketika dinyatakan lulus, para PNS peserta akan meningkatkan kecakapan dan kemampuan agar semakin amanah ketika mendapatkan promosi pangkat yang lebih tinggi," pungkasnya. (tr-05/ite)

Kirim Komentar