26 Jan 2018 12:58

Siswa SMK Berpeluang ke Luar Negeri

MyPassion
AG Kawatu

MANADO – Usulan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) tentang siswa SMK mendapatkan program beasiswa  ke luar negeri, disambut positif Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sulut. “Di Sulut juga akan segera diberlakukan beasiswa ke luar negeri bagi siswa SMK,” ungkap Kepala Dinas Pendidikan Daerah Provinsi Sulut AG Kawatu SE MSi, Kamis (25/1), kemarin.

 

Dijelaskannya, saat ini sudah membagikan surat edaran mengenai hal ini ke semua sekolah di Sulut. “Dengan tujuan memberitahukan kepada siswa yang berprestasi di SMK, jika mereka (siswa, red) berpeluang melanjutkan studi ke luar negeri,” jelas Kawatu.

Dia meminta siswa SMK berprestasilah setinggi mungkin. Jika program ini disahkan dari pusat pasti ada keuntungan sendiri bagi siswa-siswa SMK. “Kami berharap lulusan SMK terbaik akan diberikan prioritas bisa mengambil kursus sesuai dengan keterampilan yang dimiliki. Ini upaya pemerintah memberikan kesempatan kepada siswa-siswa SMK untuk menambahkan pengalaman dalam meningkatkan keterampilannya,” ujar Kawatu.

Menurut Kawatu, biasanya kan yang lulusan SMK rata-rata langsung kerja. Agar mereka siap, saat studi harus dibekali keterampilan yang cukup. “Begitu mereka lulus, yang berprestasi akan di sekolahkan lagi agar kompetensinya makin meningkat,” ungkapnya.

Sementara sejumlah siswa SMK turut mengapresiasi kabar gembira ini. “Kami tentunya sangat senang mendengar kabar ini. Semoga saja dari pusat menyetujuinya. Supaya kami bisa melanjutkan sekolah lebih tinggi lagi sesuai dengan keahlian kami,” pintah siswa SMK Negeri 3 Manado, Felicia Lampasia.

Demikian juga dikatakan Icha Tamawiwi, akan terus berjuang untuk mendapatkan prestasi. “Saya akan terus belajar dan bersaing sehat dengan teman-teman lain untuk tetap memegang prestasi kita semua. Semoga salah satu dari lulusan SMK Negeri 3 Manado bisa ada utusan,” kuncinya. (eka/ite)

Kirim Komentar