25 Jan 2018 14:44

Tiga Paslon Bolmut Adu Basis

MyPassion

BOLMUT—Tiga bakal pasang calon (paslon) pilkada Bolmut terus merancang strategi pemenangan. Mereka terus memperkuat dan memperlebar basis dukungan masing-masing.

 

Menurut sejumlah pengamat, pasangan Depri Pontoh-Amin Lasena (DP-AL) lebih diunggulkan. Ini melihat sebasaran dukungan Depri Pontoh yang berasal dari wilayah Kecamatan Bolangitang Barat dan Timur. Ini adalah dua kecamatan dengan pemilih terbanyak. Jika mengacu Daftar Pemilih Tetap (DPT) Pemilihan Gubernur Sulut 2015, Kecamatan Bolangitang Barat mencapai 10.760 pemilih, yang merupakan tertinggi di Bolmut. Sementara Kecamatan Bolangitang Timur mencapai 10.397 pemilih.

Amin Lasena bisa akan membantu suara Depri melalui Kecamatan Kaidipang dan Pinogaluman. Kaidipang sendiri memiliki 9.626 pemilih. Sementara Pinogaluman memiliki 8.060 pemilih.

Sedangkan bakal paslon Hamdan Datungsolang-Murianto Babay bakal meraup suara besar di Kecamatan Bintauna dan Sangkub. Mengingat dua wilayah ini basis massa Hamdan. Sangkub sendiri memiliki 7.056 pemilih berdasarkan DPT Pilgub. Sedangkan Bintauana memiliki 10.190 pemilih. “Hamdan tentunya berharap topangan suara Murianto Babay yang berasal dari Kecamatan Bolangitang Barat,” ujar pengamat.

Selanjutnya, pasangan Karel Bangko dan Arman Lumoto berharap massa di Kecamatan Bintauna dan Sangkub. Ini mengingat Bangko yang berasal dari Bintauna. Bahkan Bintauna mampu mengantarkan Bangko sebagai Ketua DPRD Bolmut selama dua periode.

Sedangkan Arman Lumoto, pasangannya, yang didukung Christoffel Buhang berharap mendulang suara di wilayah Kecamatan Kaidipang dan Pinogaluman. Mengingat juga wilayah ini mengantarkan Arman sebagai Wakil Ketua DPRD. Selain itu, Arman juga berasal dari Kecamatan Kaidipang.

Semua bakal paslon pun optimis akan memenangkan pertarungan politik lima tahunan ini. Hamdan Datungsolang mengatakan dia yakini bakal menang. "Apalagi didukung langsung oleh rakyat melalui jalur independen," ungkapnya.

Petahanan Depri Pontoh juga optimis dengan sederet prestasi yang dia sudah torehkan untuk Bolmut. "Kita terus bekerja dan bersabar, buktikan kepada masyarakat kita tidak berbeda. Dan kita adalah pilihan terbaik yang akan mewakili aspirasi seluruh masyarakat di enam kecamatan di daerah ini," yakinnya.

Terpisah, Komisioner KPUD Bolmut Lukman Damaisiki mengatakan, saat ini bisa saja jumlah pemilih  bertambah. "Bahkan data yang ada kepada saya jumlah pemilih pemulan mencapai 4.499. Tapi kami sementara mendata lagi melakulan coklit di lapangan," tutupnya. (tr-05/can)

Kirim Komentar