25 Jan 2018 15:20
Per KK 10 Kilogram

5.510 Keluarga Terima Rastra Gratis

MyPassion
Alfian Hassan

KOTAMOBAGU—Kabar gembira bagi sekira 5.510 keluarga penerima bantuan sosial Beras Sejahtera (Rastra) di Kota Kotamobagu. Jika sebelumnya mereka harus membayar Rp 1.600 per kilogram (kg), kali ini gratis.

“Setiap KPM kali ini akan menerima Rastra 10 kg saja. Tidak seperti yang lalu 15 kg. Tetapi KPM tak perlu lagi membayar Rp 1.600 biaya Rastra per kg seperti lalu. Sekarang Rastra akan diserahkan secara gratis tanpa biaya apapun,” kata Kepala Bagian Perekonomian dan Pembanguna KK Alfian Hassan SE ST, Rabu (24/1).

Lanjutnya, Bagian Ekonomi dan Dinas Sosial masih akan melakukan validasi lagi di Kelurahandan Desa. “Berdasarkan data dari Kementerian Sosial, jumlahnya masih 5.510 seperti yang lalu. Namun kami akan lakukan validasi kembali untuk menentukan KPM yang benar layak menerima Rastra. Jangan sampai ada keluarga mampu tetapi masih menerima Rastra, ” terang mantan Kepala Bidang Cipta Karya tersebut.

Terpisah dibenarkan Roi Paputungan, Kepala Bidang Pemberdayaan Sosial dan Penanganan Fakir Miskin, Bansos Rastra akan disalurkan berbeda seperti yang lalu. Setiap KPM akan menerima Rastra secara gratis. “Penyalurannya masih sama untuk tahap ini. Jadi dari Bulog akan menyerahkan kepada Kelurahan atau pemerintah desa. Dan tinggal pemerintah setempat yang akan mengatur. Saat ini kami sementara melakukan pengecekan kepada KPM. Bila ada KPM yang sudah pindah atau perekonomian sudah membaik. Penyaluran Rastra akan kita hentikan, dan  akan kita ganti kepada yang lebih layak menerima,” jelas Paputungan.(cw-03/tan)

Kirim Komentar