24 Jan 2018 10:15

USBN SD Hanya Tiga Mata Pelajaran

MyPassion
Muhadjir Effendy

MANADOPOST-Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) telah menetapkan mata pelajaran yang diujikan pada Ujian Sekolah Berbasis Nasional (USBN) Sekolah Dasar (SD).

Mendikbud Muhadjir Effendy memastikan hanya tiga mata pelajaran. Beda dengan rencana awal yakni delapan mata pelajaran."Penerapan delapan mata pelajaran belum tahun ini. Kami sudah sepakat hanya tiga saja," ujar Muhadjir di Jakarta.

Adapun perubahan nama USBN, dari sebelumnya Ujian Sekolah (US) tak terlalu banyak berbeda."Sama juga mata pelajarannya, yang diujikan tetap sama Matematika, Bahasa Indonesia dan IPA," tambah Muhadjir.

Sementara, Kepala Balitbang Kemendikbud Totok Suprayitno mengatakan, pada USBN tahun ini ada sedikit perbedaan dengan tahun lalu. Terutama dari isi soal."Akan ada soal esai selain rentetan soal pilihan ganda," tambah dia.

Sekalipun demikian, Totok mengungkapka,  bahwa aturan pelaksanaan UASBN dibuat senyaman mungkin alias tak memberatkan. Misalnya dari segi penyajian soal dan jawaban USBN."Tidak harus memakai kertas. Untuk sekolah yang sudah berbasis komputer dapat memakai komputer untuk soal pilihan ganda dan memakai kertas untuk menjawab soal USBN," tutup dia.

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Manado DR Deysie Lumowa sangat mendukung keputusan kementerian terkait tiga mata pelajaran yang masuk USBN  SD tahun 2018.”Kalau ditambah kasihan siswa belum siap,” singkatnya. (jpg/ite)

Kirim Komentar