22 Jan 2018 14:05
Makin Cinta GMIM

Sumakul: Saya Seorang Calvinis

MyPassion
BERSYUKUR: Ketua BPMS Pdt Dr HWB Sumakul dan keluarga, saat ibadah syukur hari ulang tahun, Sabtu (20/1). Foto: Vanly/MP

TOMOHON—Mensyukurin hari ulang tahun ke-58, Ketua Badan Pekerja Majelis Sinode (BPMS) Gereja Masehi Injili di Minahasa (GMIM) Pdt Dr HWB Sumakul, menggelar ibadah di rumah dinas, Sabtu (20/1).

 

Sumakul saat itu menyampaikan satu ayat, yang sering dia sampaikan kepada jemaat yang berhari ulang tahun. "1 Tesalonika 5:18. Mengucap syukurlah dalam segala hal, sebab itulah yang dikehendaki Allah di dalam Kristus Yesus bagi kamu," ungkapnya.

Katanya, hidup naik dan turun tetapi Tuhan tidak pernah naik dan tidak pernah turun. "Saya seorang Calvinis, ketika naik jangan jadi sombong dan ketika turun jangan pikir tidak ada harapan lagi, itu hal luar biasa yang saya pelajari dari Calvin," bebernya.

Sumakul mengaku sangat bersyukur di usia yang ke-58, istri tetap ada disampingnya, serta ketiga anak yang walaupun punya pergumulan masing-masing tetapi tetap ada. "I love you guys i love you, sungguh aku mencintai kalian. Hebatnya kamu menjadi kehebatanku, pergumulanmu menjadi pergumulanku," tuturnya.

Sumakul menambahkan, saat akan meninggalkan jabatan sebagai Ketua BPMS, dia semakin hari semakin mencintai GMIM. Karena selama delapan tahun banyak yang diberikan untuk GMIM. “Tiga hari lalu saya berada di luar negeri, mereka bertanya kenapa saya jauh-jauh kesana. Saya menjawab ini karena kecintaan saya kepada Tuhan dan kepada GMIM. Saya ditugaskan melayani GMIM, makanya saya harus berjuang untuk GMIM," ungkapnya.

Saat melepas jabatan Ketua BPMS GMIM, Sumakul siap pulang ke rumah dalam kesederhanaan, pulang menjadi anggota jemaat. "Karena di dalam jemaat aku dilahirkan dan di dalam jemaat aku bertumbuh," ucapnya.

Dia juga meminta maaf kepada para pendeta, jika strategi kepemimpinannya dalam membangun gereja membuat mereka tersakiti. "Kalau cuma mau senang saya tidak akan lagi membuat peraturan. Tapi selama Tuhan memberi kesempatan, saya akan tetap belajar untuk hidup kudus supaya gereja ini tetap kudus," ujarnya.

Sumakul juga berterimah kasih kepada semua yang menopang pelayanannya sebagai ketua BPMS, terlebih kepada para pendeta yang ada di jemaat. "Mari kita doakan bersama untuk Sidang Majelis Sinode nanti, supaya boleh berjalan dengan baik dan melahirkan pemimpin yang terbaik," harapnya.(*/tan)

Kirim Komentar