21 Jan 2018 13:53

Mahkamah Agung Cari 1000 Calon Hakim

MyPassion
Ilustrasi

PELUANG bagi warga Sulawesi Utara yang berniat jadi hakim. Masih ada waktu untuk mempersiapkan diri mulai dari sekarang. Mahkamah Agung (MA) masih membutuhkan hakim, guna mengisi sejumlah pos di lembaga kehakiman tersebut. Tak tanggung-tanggung, jumlah hakim yang masih dibutuhkan 1.000 orang.

Juru Bicara Pengadilan (PN) Negeri Manado Vincentinus Banar membenarkan, saat ini MA bakal membuka rekrutmen calon hakim. “Pembukaan calon hakim baru memang ada. Tapi yang adakan dari pusat,” ujar Banar ketika dikonfirmasi, Sabtu (20/1) malam.

Bagaimana dengan Sulut? “Masih menunggu pemberitahuan dari pusat ke BKN dan MA. Jadi untuk Manado belum ada petunjuk teknis (juknis) terkait penerimaan,” tandasnya.

Kepala Biro Hukum dan Humas MA, Abdullah, membenarkan saat ini MA masih kekurangan hakim. Jumlahnya sekitar 1.000 hakim. “Kami tidak pastikan, tapi perkiraan 1.000 hakim. Itu baru perkiraan ya,” tandasnya.

Diketahui, untuk memenuhi kebutuhan itu, Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (MenPAN-RB) Asman Abnur mengatakan, akan membuka lagi lowongan calon hakim baru tahun ini. “Jadi 2018 salah satu yang mengusul adalah MA. Jadi kita putuskan formasinya. Jadi sekarang masih proses,” ucap Asman di kantor Kemenko Polhukam, Jakarta. Apakah jumlah hakim yang akan dicari 1.000 orang? Asman belum memastikannya. “Belum diputuskan, tapi masih proses,” tukas Asman.

Dijabarkan menpan, sejumlah kementerian dan lembaga negara juga ternyata masih membutuhkan banyak pegawai negeri sipil (PNS). Menpan Asman pun mengaku tengah memproses dibukanya kembali penerimaan calon pegawai negeri sipil (CPNS) pada 2018 ini. “2018 sesuai dengan usulan-usulan dari K/L (Kementerian/Lembaga) sedang kita proses (penerimaan CPNS 2018),” ucap Asman.

Menurut Asman, saat ini pihaknya sedang menghitung bagaimana kemampuan keuangan negara untuk menambah jumlah PNS. Selain itu, pemerintah juga tengah mendata berapa banyak PNS yang segera pensiun. “Jadi kita hitung kemampuan keungan negara banyak kaitannya itu. Nanti setelah kita hitung kira-kira kita bandingkan yang pensiun,” tutur Asman.

Dia pun menyebut dalam waktu dekat laporan mengenai kemampuan keuangan negara dan jumlah PNS pensiun akan dilaporkan. "Mungkin dalam waktu dekat. Dalam waktu dekat kita rapat," tandas Asman. (gnr)

Kirim Komentar