21 Jan 2018 13:57

Calon dari PDI-P Punya Harta 350 Miliar

MyPassion
Sumber: KPK Hingga 20 Januari 2018 / Ilus: Dok.MP

KOMISI Pemberantasan Korupsi (KPK) kembali merilis harta kekayaan para calon kepala daerah peserta Pilkada serentak 2018, Sabtu (20/1) kemarin. 16 pasang calon yang bertarung di enam daerah masing-masing Minahasa, Minahasa Tenggara, Bolmong Utara, Kotamobagu, Talaud, dan Sitaro sudah memasukkan daftar kekayaan mereka. Dari data yang dihimpun, calon kepala daerah di kepulauan mendominasi kekayaan calon. Tempat pertama ditempati calon bupati Talaud Elly Engelbert Lasut (E2L) dengan total kekayaan Rp 42,7 miliar, disusul rivalnya yang diusung PDI Perjuangan Welly Titah Rp 25,1 miliar, dan peringkat tiga calon bupati Sitaro Evangelian Sasingen Rp 22 miliar.

Sedangkan bakal calon wakil gubernur Sumatera Utara (Sumut) Sihar Sitorus memiliki harta kekayaan terbanyak di antara para calon Pilkada serentak se-Indonesia. Dalam laporannya, calon yang diusung PDI Perjuangan ini memiliki kekayaan Rp 350,887 miliar.

Kekayaan Sihar jauh lebih tinggi daripada pasangannya, bakal calon gubernur Sumut Djarot Saiful Hidayat. Kader PDI Perjuangan itu memiliki kekayaan Rp 8,433 miliar.

Data tersebut dari hasil rekapitulasi yang dilakukan KPK. Tenggat waktu bagi calon kepala daerah dan wakilnya menyerahkan laporan harta kekayaan penyelenggara negara (LHKPN) memang sudah berakhir Jumat (19/1) pukul 00.00 WIB. Bila melewati deadline laporan tidak diserahkan kepada Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), pencalonan akan gugur.

Direktur Pendaftaran dan Pemeriksaan LHKPN KPK Cahya Hardianto Harefa menyatakan bahwa pihaknya harus bekerja keras untuk menyelesaikan rekapitulasi laporan kekayaan pasangan calon. Sebab, banyak calon yang mengurus data kekayaan mendekati deadline. Diungkapkan staf Direktorat Pendaftaran dan Pemeriksaan LHKPN KPK Kunto Aryawan, tidak jarang calon yang keliru memasukkan data angka kekayaan. Misalnya yang terjadi pada pelaporan LHKPN calon bupati Pinrang, Sulawesi Selatan, Jamaluddin Jafar.

123
Kirim Komentar