20 Jan 2018 10:19
Tugas Berat, Per Bulan Terima 2,850 Juta

Gaji 504 Pala 17 Miliar

MyPassion
Rum Usulu

MANADO—504 kepala linkungan (pala) yang lolos seleksi diumumkan, Jumat (19/1) kemarin. Wali Kota Manado Dr Vicky Lumentut melalui Sekretaris Kota (Sekkot) Manado Drs Rum Usulu mengatakan, pengumuman nama yang lolos seleksi langsung ditempel di kecamatan masing-masing. ”Sebelum melaksanakan tugas sebagai pala, akan menandatangani pakta integritas,” ujarnya.

Dia menjelaskan, tugas pala sangat banyak. Tidak hanya mengurus masalah kebersihan, tetapi pembangunan, pemerintahan, dan kemasyarakatan. “Pala juga harus menjadi ujung tombak dalam menggenjot pembayaran dan penagihan Pajak Bumi Bangunan (PBB), mengawasi pembangunan di lingkungan, jangan sampai ada yang membangun tidak memiliki Izin Mendirikan Bangunan (IMB) dan menghidupkan Siskamling,” jelasnya.

Dia mengatakan, gaji pala 2018 ini Rp 2.850.000 per bulan. Sangat tinggi di Provinsi Sulut. Kalau di kabupaten lain gaji pala rendah terus dibayarkan tiga bulan sekali.”Dengan gaji sebesar ini, pala dituntut bekerja all out di lingkungan masing-masing dari pagi hingga sore,” jelasnya.

Menurutnya, pekerjaan pala akan terus dievaluasi secara berjenjang mulai dari lurah, camat sampai di assisten. “Kalau ada pala tidak melaksanakan tugasnya dengan baik, akan diberikan peringatan sampai tiga kali. Jika tidak mendengar bisa dipecat. Begitu juga tersandung masalah hukum dan asusila langsung diberhentikan,” tegasnya.

Sebelumnya, Kepala Badan Keuangan Pemkot J Tamaka mengatakan, gaji 504 Pala telah ditata dalam APBD Kota Manado 2018 Rp 17.235.800.000.”Satu bulan uang yang dikeluarkan untuk membayar gaji 504 Pala sekitar Rp 1.436.000.000,” pungkasnya.(ite/gel)

Kirim Komentar