18 Jan 2018 14:45

Pemimpin Tertinggi Iran Sebut Saudi Pengkhianat Umat Islam

MyPassion
Iran (Reuters)

MANADOPOST- Hubungan Iran dengan Arab Saudi dipastikan makin parah. Apalagi pemimpin tertinggi Iran Ayatollah Ali Khamenei baru saja menyebut Kerajaan Arab Saudi yang dipimpin Raja Salman bin Abdulaziz pengkhianat umat Islam.

Situs pribadi sang Ayatollah menyebutkan, pernyataan itu dibuat saat berpidato dalam sebuah konferensi yang dihadiri perwakilan parlemen negara-negara Islam di Tehran, Iran, Selasa, (16/1), seperti dilansir JPNN (Jawa Pos Grup).

Khamenei awalnya berbicara tentang pengakuan Amerika Serikat (AS) terhadap Yerusalem sebagai Ibu Kota Israel. Ia tegas menentang langkah AS tersebut.

Ia juga menuding Saudi berpihak kepada AS dan Israel. "Ini jelas sebuah pengkhianatan terhadap umat Islam dan dunia Muslim," ujarnya.

Di bagian lain pidatonya Khamenei mengatakan, Iran siap menjadi saudara bagi semua negara Islam. Termasuk mereka yang pernah terang-terangan memusuhi Iran.

Menurutnya, Islam punya potensi sangat besar menjadi kekuatan dominan dunia jika bersatu.

"Karena itu, perselisihan antara negara Islam harus dihentikan, dan kita tidak boleh membiarkan rezim Zionis mendapat tempat aman di dunia ini,"tandasnya.

Beberapa tahun terakhir Iran dan Saudi terlibat dalam proxy war demi memperebutkan pengaruh di kawasan Timur Tengah. Campur tangan kedua negara bisa dilihat dalam hampir semua konflik di kawasan tersebut.

(ce1/met/JPC)

Kirim Komentar