17 Jan 2018 13:24
Marsekal Madya Yuyu Sutisna Jadi KSAU

Resmi!! Idrus Mensos, Eks Panglima TNI Jabat Kepala Staf Presiden

MyPassion
Idrus Marham saat pelantikan sebagai Menteri Sosial oleh Presiden Jokowi (Bayu Putra/Jawa Pos)

MANADOPOST- Senyum semringah tampak jelas dari wajah Khofifah Indar Parawansa saat tiba di Istana Negara pagi ini. Terhitung hari ini (17/1), dia melepas jabatannya sebagai menteri sosial dan fokus pada pencalonannya sebagai gubernur Jawa Timur. Presiden Joko Widodo baru saja melantik Sekjen Partai Golkar Idrus Marham sebagai pengganti Khofifah.

Tepat pukul 09.30, Idrus diambil sumpahnya sebagai menteri sosial yang baru. Dia dilantik melalui Keppres nomor 10/P/2018 tentang pemberhentian dan pengangkatan menteri sosial kabinet kerja.

Selain Idrus, Presiden juga melantik mantan Panglima TNI Jenderal (Pur) Moeldoko sebagai Kepala Staf Presiden menggantikan Teten Masduki. Kemudian, Agum Gumelar menjadi anggota Wantimpres. Sementara, Marsekal Madya Yuyu Sutisna mengisi jabatan KSAU yang ditinggalkan Marsekal Hadi Tjahjanto.

Idrus mengakui, selama ini memang Partai Golkar berbicara tentang program-program pemerintah. "Tapi beliau (Jokowi) tidak pernah bicara tentang menteri," ujarnya sebelum pelantikan.

Dia enggan berbicara lebih lanjut terkait konsekuensi rangkap jabatan, mengingat saat ini dia masih menjabat sebagai Sekjen Partai Golkar. "Kalau ditanya (apakah mengganggu), saya jawab sekjen sembilan tahun pasti tidak (terganggu), malah memperkuat," lanjutnya.

Sementara itu, ekspresi Khofifah tampak lega saat tiba di Istana pagi ini. Dia mengatakan sudah menelepon Idrus sebelum hadir di Istana. "Saya menyampaikan, yang perlu kita siapkan dengan baik adalah tanggal 25 setiap bulan Rastra diterima oleh seluruh KPM (Keluarga Penerima Manfaat)," ujarnya.(jpk/byu/JPC)

Kirim Komentar