16 Jan 2018 08:53

KPP Se-Sulut Berhasil Kumpulkan 3,4 T

MyPassion

MANADO—Empat Kantor Pelayanan Pajak (KPP) se-Sulut  (Manado, Bitung, Tahuna dan Kotamobagu) di bawah Direktorat Jenderal Pajak (DJP) Wilayah Sulut, Sulteng, Gorontalo dan Malut (Suluttenggomalut) berhasil mengumpulkan penerimaan bersih selama tahun 2017 sebesar Rp 3,4 triliun (lihat grafis, red).

Realisasi capaian ini hanya menyentuh angka 80 persen dari target DJP untuk KPP se-Sulut yaitu Rp 4,2 triliun. Sementara untuk total realisasi penerimaan wilayah Suluttenggomalut, dari target Rp 10 triliun, tercapai Rp 8,1 triliun.

Kepala Kantor Wilayah DJP Suluttenggomalut Agustin Vita Avantin melalui Kepala Bidang (Kabid) Data dan Pengawasan Potensi Perpajakan  (DP3) Devyanus Polii mengatakan, ada beberapa faktor yang mempengaruhi tak tercapainya target penerimaan pajak tahun 2017. Diantaranya, penyaluran anggaran belanja pemerintah melalui APBD, dan APBN yang tak terserap secara maksimal.

Hal lain adalah menurunnya hasil bumi, seperti produktifitas cengkih yang tahun lalu hampir tidak ada dan harga yang kurang stabil. “Hal lain adalah, tahun lalu, tax amnesti pajak itu sudah tidak ada lagi. Dibandingkan jika tahun 2016 saat tax amnesti masih ada dengan total konstribusi  sebesar Rp 500 miliar, sehingga realisasi pajak sesuai dengan apa yang ditargetkan,” jelasnya.

Terkait target penerimaan tahun ini, dia melanjutkan, untuk target pajak tahun ini masih sementara dalam proses. “Target tahun ini sudah ada, tapi masih secara nasional,” katanya. Namun dirinya optimis, jika tahun ini realisasi pajak akan sesuai dengan apa yang ditargetkan. “Kalau melihat asumsi yang ada saat ini, seperti perekonomian yang akan tumbuh di angka 6 persen, dan beberapa hasil bumi seperti cengkih akan panen besar, semoga realisasi pajak akan sesuai target,” dia berharap.

12
Kirim Komentar