13 Jan 2018 09:44

Registrasi Kartu Perdana Picu Peningkatan Pengurusan KTP

MyPassion
MENINGKAT: Jumlah pengurusan KTP dan KK di Dinas Cukcapil Tomohon meningkat akibat adanya aturan registrasi kartu perdana harus pakai KTP. Foto: Vanly Sembung/MP

TOMOHON—Pengurusan KTP yang membludak di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil) Pemkot Tomohon dipicu salah satunya karena pendaftaran kartu perdana. Terpantau, Kemarin (12/1), masyarakat ramai mengurus berkas kependudukan.

Kepala Dukcapil Kota Tomohon Royke Roeroe mengatakan, dominan masyarakat membuat kartu tanda penduduk (KTP) dan kartu keluarga (KK). “Kebanyakan masyarakat mengurus KTP dan KK karena dibutuhkan dalam pengurusan registrasi ulang nomor telepon seluler yang harus memakai KTP dan KK,” sebutnya.

Roeroe menjelaskan, sampai saat ini, capaian Disdukcapil dalam perekaman KTP elektronik sudah berada di 99,23 persen. “Cakupan akta kepemilikan sebelum saya masuk pada 2017 hampir 78 persen. Sekarang akte lahir anak usia 0-18 sudah meningkat. Jumlahnya mencapai 91,44 persen,” jelasnya.

Salah satu program yang merangsang masyarakat untuk mengurus dokumen kependudukan yaitu program jemput bola. “Sepanjang bulan Mei sampai Oktober 2017, kami sudah masuk-keluar kelurahan,” katanya. Jadi, selain pelayanan di Kantor, Disdukcapil membuka pelayanan di kelurahan-kelurahan. Saat ini, tinggal sekitar 750 warga yang belum ada KTP.

“Jumlah itu, dari total sekitar 70 ribu warga yang wajib KTP. 750 ini, akan kami data kembali. Mungkin saja akan bertambah. Karena, setiap hari ada warga yang mencapai usia 17 tahun. Otomatis, jika sudah berada di usia 17 tahun, sudah wajib KTP,” tambahnya. (ctr-08/fgn)

Berita Terkait
Kirim Komentar