13 Jan 2018 09:38

Pencairan Dandes Tahap I Tunggu Perbup

MyPassion

BOLMONG—Pencairan Dana Desa (Dandes) untuk tahun 2018 direncakan disalurkan bulan ini. Plt Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD) Bolmong Achmad Yani melalui Kepala Bidang Pemdes Dien Novita Thalib menuturkan, untuk pencairan Dandes masih sementara menunggu Perbub.  “Karena masih menunggu Perbub. Soalnya saat ini sementara dalam proses atau penyusunan. Kalau misalkan Perbub sudah ada maka akan di bagikan,” jelas Plt Thalib.

Ditambahkannya, dari dinas harus menunggu Perbub tersebut. Tidak bisa langsung lakukan sendiri. Karena semuanya miliki aturan.  “Dan saat ini pun di setiap desa masih sementara dalam penyelesaian Dandes tahap dua. Kita menunggu saja,” tuturnya sembari menambahkan, Dandes harus tepat sasaran.

Terpisah, Sekretaris Desa Lolak II Frenki Wagiu mengatakan, saat ini sementara dalam tahap penyelesaian realisasi Dandes tahap II.  “Saat ini sementara dalam pengerjaan. Kemungkinan LPJ dandes tahap II, nanti akan dimasukan sekira Maret,” tambahnya.

Sementara itu, Pemerintah Pusat mempercepat pencairan Dandes 2018. Jika sebelumnya dicairkan dalam dua tahap yaitu 60 persen pada April, dan 40 persen pada Agustus. Pada tahun ini 20 persen Dandes sudah bisa dicairkan pada Januari ini.

Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati mengatakan, percepatan pencairan Dandes ini dilakukan agar program cash for work yang dimulai pada 2018 bisa segera berjalan.  “Itu presiden yang minta supaya cash for work bisa jalan secepatnya. Selama ini mekanismenya 60 persen langsung dibayar melalui APBD pada April. Sekarang kita bagi Januari yang 20 persen, sehingga tidak ada alasan Januari tidak ada aktifitas karena tidak ada uang. Yang 40 persen tetap April, yang sisanya 40 persen tetap di Agustus, “ pungkas Mulyani. (tr-01/fgn)

Kirim Komentar