13 Jan 2018 09:34
SK Baru Dikeluarkan Dalam Waktu Dekat

274 Kaling dan 1000 RT H2C

MyPassion

BITUNG—Sebanyak 274 Kepala Lingkunan (Kaling) dan 1000 RT se-Bitung yang bertugas hingga akhir 2017, masih menunggu nasib. Pasalnya, tahun 2018 ini, pemerintah kembali mengakomodir Kaling dan RT lewat pengusulan Pemerintah Kelurahan dan Kecamatan. Tak heran hingga saat ini ribuan ujung tombak pemerintah ini masih Harap-Harap Cemas (H2C).

 

Asisten I Pemerintahan dan Kesra Setda Bitung Drs Oktofianus Tumundo mengatakan, pergantian Kaling dan RT adalah hal yang wajar. “Untuk pengusulan Kaling dan RT, saat ini lagi berproses. Itu hal yang wajar. Sebab, ada Kaling ataupun RT yang akan mengundurkan diri, ada juga yang sudah meninggal. Otomatis harus diusulkan baru oleh Lurah dan Camat, kemudian akan berproses di bagian pemerintahan, hingga berjenjang disetujui oleh Sekkot, Wawali dan Wali Kota,” katanya.

Lanjut Tumundo, untuk Kaling dan RT, harus mampu melaksanakan tugas pemerintah daerah. “Setelah SK disetujui oleh pimpinan, akan dikukuhkan di kecamatan masing-masing. Sambil sosialisasi menyampaikan lima program prioritas pembanguanan 2018. Itu yang harus mampu disampaikan, untuk perpanjangan tangan ke masyarakat,” terangnya.

Sementara itu, usulan berkas Kaling dan RT saat ini dirampungkan di kecamatan. Seperti disampaikan Kepala Bagian Pemerintahan Setda Bitung Stela Mangkey, saat ini pemasuk berkas di masing-masing kelurahan.

“Yang pasti, pihak kecamatan akan menyerahkan semua berkas, baik Kaling dan RT. Dan pembekalannya akan dilakukan setelah SK Wali Kota keluar,” ungkapnya menambahkan untuk teknisnya nanti berproses setelah SK disahkan.

“Usulan diserahkan ke Camat dan Lurah. Nantinya disetujui Wali Kota. Berdasarkan kinerja mereka. Ini harus dilakukan sebab, pembayaran insentif, dibayar lewat APBD berdasarkan tahun berjalan. Tinggal evaluasi apakah mereka akan diusulkan atau diganti. Serta paling lambat Januari ini sudah dikeluarkan SK. Pastinya ada pertimbangan dari pimpinan dari nama-nama yang direkomendasikan,” tutupnya.(cw-03/ria)

Kirim Komentar