13 Jan 2018 09:32

127 Miliar Jatah Dandes 2018 di Minsel

MyPassion

MINSEL—Dana desa tahap II hampir pasti tak terealisasi 100 persen. Pasalnya, jatah dandes Desa Ongkaw Dua, Kecamatan Sinonsayang, sulit dicairkan. Pengunduran diri hukum tua yang memiliki kewenangan mencairkan dandes jadi penyebab.

 

Namun, belum juga terealisasi tahap II, alokasi dandes 2018 segera dikucurkan ke kas daerah. Kepala Dinas Pemberdayaan Desa Minsel Efer Poluakan mengatakan, terjadi perubahan indikator penentuan nominal dandes.

Akibatnya, jumlah dandes yang selalu naik, tahun ini tak berubah. “Tahun ini 127 miliar. Sama dengan tahun lalu. Peruntukan masih untuk pengembangan ekonomi. Kalau soal teknis, kita masih tunggu pusat " jelasnya.

Terkait jatah Ongkaw Dua, pihaknya masih mengupayakan jalan keluar. Pasalnya, masih ada waktu sampai 31 Januari, mendatang. "SPj sudah ada. Berkas dokumen juga sudah lengkap. Tinggal kuasa pengguna anggaran yang harus ada," tuturnya.

Terpisah, Kabid Pemberdayaan Desa Altin Sualang mengatakan, hasil evaluasi pihaknya masih mendapati ketidakpahaman perangkat dalam pembentukan Badan Usaha Milik Desa (Bumdes).

“Tahun ini sosialisasi kita maksimalkan. Meski di lapangan peran pendamping desa menjadi penting. Mereka yang tidak mampu membimbing perangkat membentuk dandes tentu kita evaluasi," pungkas dia.(jen/gnr)

Kirim Komentar