13 Jan 2018 09:33
Demokrat Rombak Pimpinan Fraksi

10 Legislator Absen Sidang Perdana

MyPassion

MINSEL—Masa persidangan legislatif dibuka, kemarin. Harapan masyarakat membumbung di awal kinerja para wakil rakyat. Faktanya, belum juga bekerja sejumlah wakil rakyat justru menghadirkan pesimisme konstituennya.

 

Bagaimana tidak, pemandangan indah ruang paripurna yang baru digunakan setelah direhabilitasi sekian lama justru rusak. 10 kursi anggota dewan yang terhormat terlihat tak ditempati sang empunya. Parahnya, tak ada kejelasan alasan ketidakhadiran para legislator yang digaji puluhan juta dengan uang rakyat itu.

Sekretaris DPRD Lucky Tampi mengatakan, beberapa telah menyampaikan izin. Sedangkan sisanya belum ada kabar. Padahal, masa reses baru saja selesai. “Beberapa telah mengonfirmasi ketidakhadiran tapi yang lain belum. Di absen 20 yang hadir,” ungkapnya.

Selain itu, sidang perdana di 2018 itu, diwarnai dengan perombakan pimpinan fraksi Partai Demokrat. Jabatan ketua yang sebelumnya ditempati Johnly Ombeng kini digantikan Andris Rumondor. Sementara Sekretaris Franco Rumokoy. "Kami menerima surat yang telah ditandatangani pimpinan fraksi dan partai. Alasannya kenapa silahkan ditanyakan ke fraksi," jelasnya.

Sementara itu, Rumondor yang juga Sekretaris DPC Demokrat Minsel menyebut, pergantian merupakan bagian dari penyegaran. "Kami melakukannya setiap tahun agar semua merasakan. Jadi tidak ada hal yang spesial dari pergantian ini. Pak Ombeng sekarang jadi bendahara," terang dia.

Terpisah, Bupati Christiany Eugenia Paruntu sendiri dalam sambutannya meminta kemitraan antara eksekutif dan legislatif dapat terjaga dengan baik. "Dengan demikian program pembangunan dapat berjalan baik. Eksekutif dan legislatif pun bisa saling mengingatkan," tutupnya.(jen/gnr)

Kirim Komentar