12 Jan 2018 13:18

SK THL Tergantung Gubernur

MyPassion
Olly Dondokambey

MANADO—Nasib Tenaga Harian Lepas (THL) Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sulawesi Utara (Sulut) masih belum jelas. Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Sulut Femmy Suluh mengatakan, BKD sementara melakukan verifikasi terhadap data THL untuk diusulkan ke pimpinan. Semuanya itu menurut Suluh harus menunggu SK dari Gubernur Sulut Olly Dondokambey.

 

"Memang mereka sudah masuk, namun masih melakukan absensi manual, belum online. Harus ada SK dulu. Pimpinan harus melihat kinerja THL, apakah memang layak untuk direkrut kembali," ucap Suluh.

Tambahnya, di tahun ini juga tidak ada penambahan THL. Tetap masih menggunakan personil lama yang totalnya sekira 4.562. Tetapi itu juga masih dievaluasi. “Semua akan dipertimbangkan sebelum direkrut, termasuk alokasi anggaran untuk,” bebernya.

Tahun lalu, lanjut Suluh, ada THL yang tak bekerja maksimal. Maka tidak akan direkrut kembali. “Juga kita harus menunggu laporan perangkat daerah mengenai jumlah kebutuhan tenaga. Kalau berlebihan, kami akan melakukan pengurangan. Begitu juga sebaliknya," beber Suluh.

Pemerhati pemerintahan Dr Maxi Egeten menilai jumlah THL sudah sangat banyak. Jadi tidak usah lagi melakukan perekrutan. “Kalau memang tahun sebelumnya mereka tidak bekerja maka jangan dipakai lagi. Itu sama saja membuang anggaran pada satu hal yang tidak tepat sasaran. Apalagi belanja pegawai tinggi pada tahun lalu, itu yang harus dipertimbangkan sekarang,” sebut Egeten.

Lanjutnya, beberapa instansi terjadi penumpukan THL. Kemudian ada instansi membutuhkan. “Itu tidak bisa dipungkiri. Jadi sekarang pimpinan harus memberikan jumlah yang dibutuhkan, jangan ada penumpukan dan yang lain tidak bekerja. Paling ideal mereka ditempatkan di dinas yang memiliki beban kerja yang besar di lapangan,” ucapnya. (***)

Kirim Komentar