12 Jan 2018 13:51

Ratusan THL Bakal Didepak

MyPassion

MINSEL—Pendataan Tenaga Harian Lepas (THL) jajaran Pemkab Minsel, semrawut. Padahal, beban belanja pegawai terus meningkat akibat membengkaknya anggaran untuk membayar gajian ribuan THL.

 

Sekretaris Badan Penelitian dan Pembangunan Daerah Tertius Ulaan mengungkapkan, selama ini perangkat daerah seenaknya melakukan penambahan THL tanpa memperhatikan kebutuhan. Penerimaan THL harusnya dilakukan setelah adanya analisa jabatan.

“Akhirnya banyak THL yang gajinya tidak dibayar tahun lalu. Sekarang penataan akan mulai dilakukan. Per perangkat daerah diberikan kuota sebagaimana rekomendasi BPK,” jelasnya.

Sementara itu, Kepala Badan Kepegawaian dan Diklat Daerah Ferdinand Tiwa menyebut, penyesuaian bakal dilakukan terhadap jumlah THL. Masing-masing perangkat daerah diminta memasukkan nama THL yang dipertahankan setelah memperhatikan kinerja selama ini.

“Nantinya sudah tidak boleh lagi ditambah. THL kita perkiraan ada 5.000an. Sekitar 1000 lebih yang kami minta dirumahkan,” jelasnya. Dia mengakui, nominal gaji THL diserahkan kepada masing-masing perangkat daerah. Mayoritas belum mencapai UMP.

Terpisah, Kepala Badan Pengelola Keuangan dan Aset Daerah Denny Kaawoan menyebut, belanja pegawai sepanjang tahun lalu sudah melebihi ketentuan. Kata dia seharusnya tidak lebih dari 50 persen jumlah DAU namun tahun lalu mencapai 56 persen. “Kalau tidak cepat disesuaikan. Proses penerimaan CPNS bisa terganggu akibat ketersediaan gaji tidak cukup,” tutupnya.(jen/gnr)

Kirim Komentar