12 Jan 2018 09:10

Mashar Kinontoa Kembali Pimpin MUI Manado

MyPassion
Mashar Kinontoa

MANADO—Mashar Kinontoa SAg terpilih kembali sebagai Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) Manado. Terpilih saat musyawarah daerah (musda) masa khidmat 2017-2022 serangkaian Seminar Pembangunan Sumber Daya Manusia Umat Islam Manado, di Aula Masjid Raya Ahmad Yani, Rabu (10/1). Untuk Sekretaris MUI dijabat H Amir Luput SH, Bendahara Hj Fatimah bin Syekh Abubakar SE.

 

Kinontoa mengaku, kepercayaan yang diberikan harus dilaksanakan. “Ini merupakan sebuah amanah yang harus dijalankan," katanya. 

Lanjutnya, ada beberapa komisi yang akan diperkuat. Pertama komisi fatwa. Fungsinya, memberikan pertimbangan-pertimbangan hukum kepada umat. Kedua, komisi toleransi umat beragama, yang berfungsi menyelesaikan masalah di masyarakat. Kemudian, komisi perempuan dan remaja. "Itu merupakan program-program unggulan yang tetap kami lanjutkan," paparnya.

Dia juga berkomitmen, MUI akan turut menjaga kerukunan beragama dan stabilitas keamanan untuk Manado dan menjadi patner yang baik bagi pemerintah. "Juga akan terus menjalankan setiap misi keumatan, karena MUI merupakan organisasi kemasyarakatan Islam yang membawahi semua organisasi umat Islam," sebutnya. 

Sebelumnya, Ketua Panitia Musda MUI Yaser Bin Salim Bahmid menjelaskan, dari 56 anggota yang hadir dibentuk sembilan tim formatur. Antara lain, Muhammadiyah, Nahdlatul Ulama (NU) dan Serikat Islam (SI). Masing-masing mengutus satu orang.

Kemudian dari 10 pengurus kecamatan, mengutus tiga orang. Sedangkan tiga orang lagi dari pengurus lama. "Kemudian, sembilan orang ini yang berembuk di satu ruangan untuk menentukan ketua, sekretaris dan bendahara," jelasnya seraya bersyukur karena musda kali ini boleh berjalan sukses. (*/ite)

Kirim Komentar