12 Jan 2018 14:03

Longsoran Batu Intai Masyarakat

MyPassion

SANGIHE—Musim pancaroba terkadang hujan dan kadang panas membuat sejumlah ruas jalan di Sangihe rawan longsor. Seperti halnya dengan ruas jalan Tahuna-Manganitu, pasca pelebaran sejak 2016-2017, kondisi tanah di sini tak stabil. Jika curah hujan meningkat  rawan longsor.

 

Salah satu warga Manganitu Yos Bimbananung mengatakan, beberapa waktu lalu batu dengan berat puluhan hingga mencapai ratusan kilogram tergelincir dan menutupi sebagian jalan tersebut. “Bersyukur saat kejadian tidak ada pengguna jalan yang melalui jalur tersebut,’ ungkap pria yang sering melewati jalur Tahuna-Manganitu.

Menyikapi hal ini, Sekretaris Kabupaten Edwin Roring SE ME ketika dikonfirmasi, mengharapkan warga tetap berhati-hati dalam melakukan aktivitas ketika cuaca tidak bersahabat. “Saat cuaca tidak baik, kewaspadaan kita semua di manapun berada harus tetap ditingkatkan,” imbaunya.

Bila ada ancaman bencana baiknya kita melakukan pengungsian atau menghindar agar berbagai hal yang tidak diinginkan bisa dihindari. Dia juga menambahkan, bukan cuma ruas jalan Tahuna-Manganitu yang rawan longsor, tetapi hampir semua ruas jalan luar kota juga rawan longsor. “Sehingga berhati-hati dan mawas diri kunci bersama kita terhindar dari bencana,” tutupnya.(tr-08/gnr)

Kirim Komentar