12 Jan 2018 09:55

Handuk Bekas Hasilkan 50 Juta Per Bulan

MyPassion
MANFAATKAN PELUANG: Mahgritta Engka bersama produk hasil usahanya yaitu vas bunga yang dibuat dai handuk dan plasik bekas. Foto: Ayurahmi Rais/MP

HANYA handuk dan plastik bekas bisa hasilkan omset puluhan juta. Seperti yang dilakukan pemilik UKM Itha Home Industry, Mahgritta Engka. Dia meraih omset lebih dari Rp 50 juta setiap bulan dengan membuat bunga dan vas dari plastik serta handuk bekas. “Usaha tersebut sudah dijalani selama empat tahun. Meskipun banyak tantangan namun, saya tetap gigih untuk dapat membuat usahanya survive hingga saat ini,” kata Mahgritta.

Dia menceritakan, awalnya hanya ibu rumah tangga biasa. Tamat SMA pun tidak. Tapi ketertarikan pada dunia industri rumahan cukup besar. “Awalnya coba-coba, tapi jadi ketagihan dan bisa menghasilkan uang yang banyak,” ungkapnya.  Dia membeberkan, awalnya usaha yang dia jalankan hanyalah membuat bunga dan vas dari botol plastik.

Tapi lama-kelamaan dia mulai berinovasi dan dan mengembangkan model bunganya lebih bagus, dan sesuai dengan kemauan masyarakat yang memesan. “Awalnya hanya botol plastik. Sekarang saya sudah mulai membuat bunga dari cover yang berbentuk pohon,” katanya.

Dirinya berharap kedepannya masyarakat akan tertarik membuka usahanya sendiri, tanpa harus dihantui rasa takut. Baginya menjadi sukses tidak harus memiliki pendidikan yang tinggi. Hanya dengan kemampuan dan semangat serta kerja keras, pasti semua yang dikerjakan akan mendapatkan hasilnya.

“Suami saya itu pegawai negeri. Tapi saya suka punya penghasilan sendiri. Semoga usaha ini bisa menginspirasi masyarakat, khususnya anak muda. Manfaatkan peluang yang ada dengan berkreasi,” pesannya. (ctr-02/fgn)

Kirim Komentar