12 Jan 2018 08:53
Kampanyekan Polisi Sahabat Masyarakat

Bersua Kapolresta Manado Kombes Pol Surya Kumara

MyPassion
Kapolresta Manado Kombes Pol FX Surya Kumara bersama Istri.

Kota Manado memiliki Kapolresta baru. Sosok ramah dan bersahaja. Dialah Kombes Pol FX Surya Kumara.

 

Rangga Mangowal, Manado

SEPINTAS, Kumara adalah sosok perwira polisi yang supel juga senang bercanda. Namun, tegas dan berwibawa. Kapolresta Manado yang baru saja dilantik Kamis (11/1) kemarin itu mengungkapkan rasa syukurnya, bisa kembali mengabdi di tanah Nyiur Melambai. “Puji Tuhan, saya sangat bersyukur bisa kembali kesini,” ungkap Kumara kepada Manado Post, di ruang kerjanya, di Mapolresta Manado, Kamis (11/1), kemarin.

Meski terlihat capek dengan padatnya kegiatan Sertijab sehari penuh, perwira berpangkat tiga bunga ini penuh semangat menceritakan kesan kembali ke Manado. “Bisa kembali ke sini sudah sangat berkesan bagi saya. Sangat bahagia dan senang. Karena masyarakat Sulut, khususnya Manado itu sangat welcome. Torang samua basudara itu sangat kental disini. Membuat saya nyaman berada di sini,” ujar Kumara sembari seraya tersenyum.

Dirinya pun larut dalam nostalgia. Pria kelahiran Gunung Kidul, Provinsi Jogjakarta ini, diketahui pernah mengabdi di Tanah Minahasa. “Saya pernah menjabat sebagai Kapolres Minahasa Selatan selang 2010 dan 2011. Jadi Kapolres, saat Ibu Bupati Tetty mencalonkan diri menjadi Bupati. Saya meninggalkan Sulut tahun 2011,” bebernya sembari bercanda.

Pria kelahiran tahun 1968 silam itu, memang bukan orang baru di jajaran Polda Sulut. Dirinya sempat menjabat sebagai Kasubdit Binops Dit Samapta Polda Sulut, sebelum akhirnya dilantik menjadi Kapolres Minsel tahun 2009.

Sebagai Kapolres Minsel, banyak terobosannya-terobosan dibuatnya. Salah satunya, pernah mengusung konsep ganjil genap yang digunakan sebagai rekayasa lalu lintas selama berlangsungnya World Ocean Conference (WOC). Karir Kumara terus berlanjut, dia kemudian dipercayakan sebagai Wadir Sabhara Polda Jawa Barat hingga 2016. Sebelum menjadi Kapolres Manado, Kumara bertugas di Kasubditlatsatwa Dit Polsatwa Korsabhara Baharkam Polri.

Sebagai Kapolres yang baru, Kumara sendiri sudah memiliki konsep menciptakan keamanan di Kota Manado. “Jelas, konsep saya yaitu kerja cerdas dan kerja ikhlas. Kita akan responsif dalam setiap kasus. Apapun itu juga, harus kerja tuntas juga tulus,” tegasnya.

Tatap muka serta bertegur sapa antara kepolisian dengan masyarakat juga, menurutnya sangat diperlukan. Untuk itu, setiap anggotanya akan diarahkan untuk rajin turun ke jalan, berbaur dengan masyarakat. “Kita akan rajin turun ke jalan, harus rajin tatap muka dengan masyarakat. Program saya minimal satu polisi harus bisa berhubungan, bertegur sapa dengan masyarakat, kepala lingkungan, RT, RW,” urainya sambil sesekali mencampurkan gaya bercerita dan logat Jawa dan Manado.

Nantinya juga, diaktifkan patroli rayon, untuk memberantas kejahatan yang meresahkan masyarakat. Termasuk tindak pidana ringan, street crime, pencurian dan yang lainnya. Polisi pun harus senang menerima masukan. Sebab itu, dirinya tidak akan pernah menutup diri dalam mendengarkan keluhan, maupun masukan dari masyarakat maupun stakeholder terkait apapun.

“Yang penting dengan tujuan membangun dan menciptakan keamanan. Polresta Manado punya anggota 1.089 personil yang akan bekerja efektif untuk merespon setiap masukan,” ungkap pria yang gemar mendengarkan radio itu.

Ditambahkannya, tindak kriminal terjadi karena ada niat dan kesempatan. Untuk itu, berkomitmen mencegah keduanya bertemu. “Kita akan bekerja dengan segala kemampuan. Intinya kepolisian akan bekerja responsif, tulus dan tuntas. Saya yakin dengan itu, keamanan di Manado akan semakin terasa dan tindak kriminalitas akan ditekan habis,” pungkasnya. (***)

Kirim Komentar