11 Jan 2018 11:42

Talaud Masih Kekurangan Guru SD

MyPassion
Ilustrasi

TALAUD—Kabupaten Kepulauan Talaud masih kekurangan guru Sekolah Dasar (SD). Sampai saat ini, Talaud masih butuh 63 guru SD untuk ditempatkan merata di seluruh wilayah perbatasan.

 

Hal ini dikatakan Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Djanus Amiman, dikantornya." Sebenarnya kebutuhan kita untuk guru SD sampe tahun 2019 yakni 446. Keadaan saat ini baru 383 orang. Masih kurang 63 pendidik,” ujarnya. Mengatasi permasalahan ini, pemerintah memberdayakan tenaga honorer guna menutupi kekurangan. “Ada sekolah yang kekurangan guru matematika dan mata pelajaran lainnya. Mengatasi kekurangan, kami gaet para honorer.

Melalui BKD, kami sampaikan ke pusat perihal kebutuhan guru PNS di Talaud,” ujar Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Drs Taarega. Ia menambahkan, kekurangan tenaga pendidik profesional tentu bakal menghambat proses belajar mengajar. “Selain masih kurangnya fasilitas yang ada, jumlah guru juga pengaruhi aktivitas belajar mengajar," katanya.

Diketahui, Talaud memiliki 33 gedung SMA/SMK, dengan jumlah siswa SMA 2.758 dan SMK 812, yang kini telah menjadi tanggung jawab provinsi. Juga ada 42 gedung SMP dengan siswa sekira 5.044, serta 115 gedung SD dengan siswa sekira 9.242. Untuk guru SMP masih dibutuhkan 95 tenaga dan jabatan struktural diperlukan 151 orang.(fik/gnr)

Berita Terkait
Kirim Komentar