11 Jan 2018 11:51

Rolling Disdukcapil Diduga Tabrak Aturan

MyPassion

BOLTIM--Rolling Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Boltim diduga tabrak aturan. Pasalnya, muncul polemik terkait boleh atau tidaknya jabatan tersebut dilakukan pergantian.

Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Boltim Robbi Mamonto menjelaskan, berdasarkan Permendagri 76/2015 kabupaten tidak boleh memindahkan pegawai dalam waktu kurang dari dua tahun."Jabatan minimal dua tahun," ungkapnya.

Namun, Mamonto mengungkapkan, untuk Kepala Dinas Dukcapil Boltim yang dijabat oleh Rusmin Mokoagouw yang digantikan Linda Roringkon, sudah melebihi dari dua tahun saat rolling pada awal tahun lalu. "Untuk sementara kita kembalikan lagi ke Pak Rusmin, namun mekanismenya harus melalui surat keputusan Bupati. Linda Roringkon kita pindahkan ke DLH menunggu balasan dari Kementerian," jelasnya.

Mamonto menambahkan, pihaknya sudah mengusulkan ke Kementerian Dalam Negeri terkait pergantian Kepala Disdukcapil. "Yang kita usulkan Linda Roringkon, kami harapkan tanggal 3 Januari saat rolling balasan dari Kemendagri sudah ada. Tapi untuk sementara sudah diinstruksikan untuk Rusmin kembali ke Dinas Dukcapil," ungkapnya.

Terpisah, Rusmin Mokoagouw mengatakan, sesuai dengan instruksi Sekretaris Kabupaten Muhamad Assagaf, dirinya dikembalikan di Dinas Dukcapil. "Karena saya harus menandatangani dokumen-dokumen kependudukan. Itu perintah Pak Sekkab," singkatnya. (cw-05/ite)

Kirim Komentar