11 Jan 2018 09:12

Ratusan Pala di Manado Bersaing Ketat

MyPassion

MANADO - Pendaftaran calon kepala lingkungan (Pala) diserbu. Pantauan harian ini, sampai penutupan Selasa (9/1), kemarin, warga yang mendaftar masih berdatangan. Di Kantor Kecamatan Tuminting, ramai dikunjungi calon Pala. Dengan membawa map biru berisikan berkas persyaratan, mendaftarkan diri.

 

Ada yang mengaku baru pertama kali mendaftar. Ada pula Pala lama yang kembali mencalonkan. Dengan berbagai latar belakang pendidikan berbeda-beda. Herminah Montoh Kepala Seksi Pemerintah Kecamatan Tuminting mengatakan, sudah 62 orang yang mendaftarkan diri dari 10 kelurahan di Kecamatan Tuminting. “Semua yang mendaftar harus sesuai dengan persyaratan,” ungkap Montoh.

Menariknya, saat yang lain sibuk memasukan berkas, ternyata ada yang masih sementara menulis surat lamaran. Selain itu, ada Pala yang harus bolak-balik kantor lurah ke kecamatan, untuk melengkapi berkas yang belum lengkap. Ditanya alasan kenapa mau jadi Pala, Jovi Lalumpiu calon Pala dari Sumompo mengatakan, alasanya karena masih banyak yang perlu dirinya lakukan untuk membantu masyarakat.

“Apalagi daerah saya, lokasinya berada dekat dengan tempat pembuangan sampah. Mereka yang kesehariannya sibuk mengurus besi tua, kardus dan botol. Yang sebagian besar masyarakat di sana lebih kurang memperhatikan kesehatan dan pendidikan di sana,” ceritanya mantan Pala di Kelurahan Sumompo.

Dia mengatakan, masyarakat di sana sebagian besar mencari kehidupan lewat sampah. Kesehatan di sana kurang diperhatikan. Kalau hanya batu berdahak itu biasa bagi mereka. Nanti, kalau sudah parah baru mereka ke dokter. “Salah satu kerinduan saya untuk membantu dan lebih memperhatikan kesehatan mereka. Keprihatinan saya muncul dan tanggung jawab saya ketika menjadi Pala,” tambahnya.

12
Kirim Komentar