11 Jan 2018 09:31

Pilkada Bakal Picu Pertumbuhan Ekonomi

MyPassion

MANADO—Tahun ini, enam daerah akan melaksanakan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada). Momen lima tahunan ini diharapkan bisa menggerakan sektor perekonomian. Termasuk mensejahterakan pengusaha kecil. Hal ini diakui Deputi Direktur Bidang Advisory dan Pengembangan Ekonomi MHA Ridhwan, kemarin.

Menurutnya, momen Pilkada akan menggerakan ekonomi daerah. “Secara tidak langsung memang akan menggerakan perekonomian. Khususnya sektor konsumsi,” katanya. Mantan Kepala Divisi Grup Riset Ekonomi Departemen Kebijakan Ekonomi Moneter BI Pusat ini menjelaskan, Pilkada akan meningkatkan pertumbuhan ekonomi.

“Apalagi jika para calon menggunakan jasa pengusaha di daerah untuk mencetak kaos dukungan, stiker, ataupun advertising. Tentunya akan memicu geliat perputaran ekonomi daerah,” pungkas Ridhwan.

Terpisah, ekonom Sulut James Massie mengakui, Pilkada bisa saja mimicu pengingkatan ekonomi Sulut. “Banyak keuntungan yang dapat diperoleh dari momen Pilkada. Misalnya, para tukang sablon kaos, stiker dan percetakan bahkan advertising bisa menikmati keuntungan,” ucapnya.

Namun, hal ini bisa tercapai asalkan para calon ataupun Tim Sukses (TS) mau memakai jasa pengusaha lokal. “Para calon, simpatisan, relawan ataupun sponsor harus memperhatikan pengusaha lokal. Pesanlah alat peraga kampanye di daerah. Pesan pada pengusaha lokal agar perekonomian di daerah bergeliat dengan adanya Pilkada,” pungkasnya. (ctr-02/fgn)

Kirim Komentar