11 Jan 2018 08:51

Formasi Guru-Dokter Menjanjikan

MyPassion

MANADO— Siap-siap, Sulawesi Utara (Sulut) terima Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS). Sebanyak 15 kabupaten/kota di Provinsi Sulut berlomba-lomba membuat Analisi Jabatan (Anjab) dan Analisis Beban Kerja (ABK). Seperti di Kota Manado,  masih menggunakan Anjab lama. Karena Anjab 2018 sementara berproses. 

Kepala Badan Kepegawaian, Pendidikan dan Pelatihan (BKPP) Kota Manado Corry Tendean mengakui, belum ada pemberitahuan resmi dari Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara (KemenPAN) Reformasi Birokrasi terkait penerimaan ASN. ”Biasanya kalau penerimaan KemenPAN-RB langsung menyurat,” ujar Tendean.

Namun Tendean mengungkapkan, BKPP sudah lebih dahulu mengajukan usulan kebutuhan ASN pada 2017 lalu yakni 213 orang. “Terdiri dari tenaga guru 44 orang, tenaga kesehatan 102 orang dan fungsional lainnya 67 orang. Kami masih mengacu terhadap data lama. Karena data terbaru belum ada, menunggu analisis jabatan dan ABK yang sementara berproses,” urainya.

Dia berharap, tahun ini ada penerimaan ASN untuk mengisi kekosongan di perangkat daerah, sekolah, maupun Puskesmas, yang ditinggalkan pegawai pensiun. ”Biasanya kalau ada penerimaan, nanti sekitar Juli baru ada surat. Kita berharap tahun ini ada penerimaan,” paparnya.

Sementara Pemerintah Kabupaten Sangihe sudah mengusulkan 1.270 kursi CPNS ke pemerintah pusat. Sekretaris Kabupaten Edwin Roring mengatakan, Badan Kepegawaian Daerah dan Diklat (BKDD) Sangihe, telah mengusulkan penambahan CPNS sesuai kebutuhan. “Pemkab Sangihe kewenangannya hanya pada pengusulan saja. Sedangkan untuk penetapan kuota jumlah ASN yang nantinya akan diterima, tergantung pemerintah pusat,” ungkap Roring.

Sementara itu, Kepala BKDD Sangihe Ratna Lombongadil menambahkan, usulan 1.270 CPNS ke pemerintah pusat, akan disebarkan di seluruh Kabupaten Sangihe. Tenaga teknis sebanyak 221, tenaga guru 893 dan tenaga kesehatan sejumlah 156 orang. “Pada dasarnya, ini hanya usulan. Kuotanya ditentukan pemerintah pusat. Saya berharap, usulan tersebut bisa diterima semuanya. Apalagi Sangihe masih kekurangan CPNS," tuturnya.

123
Kirim Komentar