11 Jan 2018 09:03

Dari Bupati hingga TNI Aktif, Jalur Independen Ancaman Parpol

MyPassion
`SIAP PERANG`: Calon Independen dari Kabupaten Talaud Sri Wahyumi Manalip mendaftar di KPU Talaud dan Kasdam XIII/Merdeka AAB Maliogha diusung Parpol mendaftar di KPU Sitaro.

Pemilihan kepala daerah (Pilkada) 2018 diramaikan banyak calon yang masuk melalui jalur independen. Ada juga pensiunan TNI  dan masih aktif.

 

BANYAK jalan menuju Roma. Banyak cara meraih harapan. Pepatah ini cocok untuk calon indenpenden, yang tidak mendapatkan dukungan Partai Politik (Parpol). Sebut saja Calon Independen dari Kabupaten Talaud Sri Wahyumi Manalip (SWM)-Gunawan Talenggoran. Bupati aktif berhasil mengumpulkan KTP, sesuai persyaratan yang ditentukan KPU. Status SWM sebagai incumbent yang masuk jalur independen, mengejutkan warga dan Parpol.

Selain itu, ada juga pasangan Handri Piter Poa-Clartje Awulle yang berhasil mengumpulkan KTP dan mencalonkan menjadi Cabup dan Cawabup Kabupaten Talaud.

Di Kabupaten Sitaro, ada Siska Salindeho-Heronimus Makainas juga berhasil masuk lewat calon independen. Wakil Bupati (Wabup) aktif dari Kabupaten Talaud Siska Salindeho, menempuh jalur independen karena tidak didukung Parpol. Langka Siska dianggap terlalu berani karena harus berhadap dua partai besar seperti Partai Golkar dan PDI-P.

Di Kabupaten Bolmut ada pensiunan tentara aktif yang berhasil maju lewat jalur independen. Sebut saja Kolonel Murianto Babay, calon Wakil Bupati mendampingi Hamdan Datunsolang. Menurut informasi, Murianto Babay rela pensiun dini dari TNI, supaya bisa mencalonkan menjadi Cawabup. Langkah beraninya, berhasil mendapatkan simpati masyarakat dan mengumpulkan KTP sesuai persyaratan.

Babay sangat berterimakasih kepada semua yang telah mendukung mereka. "Selain didukung warga, terima kasih relawan dan pimpinan PKS, bahwa kader PKS bisa berprestasi dalam ranah Pilkada 2018. Kami juga didukung orang-orang dari partai PAN dan orang bukan partai,” ujarnya.

Ditambahkannya, tujuan mereka adalah  ingin mensejahterakan rakyat di Bolmut. Ditambahkannya, menyangkut status pengunduran dirinya, sudah ada SK pensiun tanggal 31 Desember 2017. “Pengajuan pensiun dari TNI dengan hak pensiun dini, dan berharap independen berjaya pada tahun ini," tandasnya.

Ada juga dari TNI yang masuk lewat jalur partai. Yaitu Paslon AAB Maliogha-Elians Bawole. Maliogha adalah TNI aktif yang pensiun dini untuk Pilkada. Kasdam XIII/Merdeka AAB Maliogha, ketika diwawancarai, mengaku siap mengikuti pertarungan Pilkada di kampung halamannya di Sitaro. "Ya kami sudah mempersiapkan diri. Untuk itu, kita tetap optimis," singkat Maliogha. Di Kotamobagu, paslon yang masuk lewat independen, ada Jainudin Damopolii-Suharjo Makalalag. Mereka juga berhasil mengumpulkan KTP. (***)

Kirim Komentar