11 Jan 2018 09:23

2018, BI Prediksi PE Sulut 6,4 Persen

MyPassion

MANADO—Pertumbuhan Ekonomi (PE) Sulut tahun ini diprediksi bakal cerah. Bahkan, Bank Indonesia (BI) Perwakilan Sulut meprediksi, PE Sulut tahun ini akan berkisar di antara 6,2 hingga 6,6 persen.  “Tahun sebelumnya PE Sulut 6,2-6,4 persen. Tahun ini diprediksikan menjadi 6,2-6,6 persen,” kata Kepala BI Perwakilan Sulut Soekowardojo saat membahas outlook perekonomian Sulut, kemarin.

Dia menjelaskan, angka ini diprediksi masih akan lebih tinggi dari PE nasional. “PE Sulut tahun ini diprediksi meningkat 6,17 persen dari tahun lalu. Bahkan, diyakini masih lebih tinggi dari  PE nasional yang diperkirakan sebesar 5 sampai 5,2 persen,” beber Soekowardojo.

Untuk faktor pendorong PE tahun ini, dia melanjutkan, yaitu dipengaruhi oleh kenaikan UMP. “Selain itu, produksi pertanian dan seluruh subsektornya, peningkatan penjualan kendaraan bermotor, termasuk penyelanggaraan Pilkada dan faktor lainnya (lihat grafis, red),” tambahnya.

Pengamat Ekonomi Sulut Dr Ventje Illat menilai prediksi PE bisa terwujud, bisa juga tidak. Menurutnya, selain banyak faktor yang mempengaruhi PE, tapi tidak bisa dipungkiri banyak juga yang dapat memicu penurunan. “Anomali harus diperhatikan. Di Sulut angka pengangguran masih sangat banyak. Sehingga meskipun UMP tinggi, namun banyak orang yang masih belum bekerja,” sorot Illat.

Wakil Dekan Fakultas Ekonomi Bidang Keuangan Universitas Sam Ratulangi ini menjelaskan, selain angka pengangguran yang masih tinggi, Sulut juga banyak mendatangkan pekerja dari luar daerah. “Sehingga biaya yang dikeluarkan daerah untuk mengaji para pekerja ini sangat banyak. Masih sangat pagi, jika kita mengatakan perekonomian Sulut akan mengalami peningkatan,” katanya.

Namun, dirinya tak menampik saat ini perekonomian Sulut mulai membaik. Dia mengimbau pemerintah, agar benar-benar meningkatkan SDM, agar prediksi PE bisa benar-benar terwujud. “Angka kemiskinan harus  menurun, pengangguran harus ditekan, dan penyediaan lapangan kerja harus diperluas. Agar ekonomi Sulut akan benar-benar meningkat sesuai dengan yang diprediksikan dan ditargetkan,” tutupnya. (ctr-01/fgn)

Kirim Komentar