11 Jan 2018 08:57
Dikenal, Disayang, Dipilih

16 Pasangan Calon Siap Tempur, Siapa Jagoanmu??

MyPassion

MANADO—Pilkada serentak yang akan dihelat Juni nanti dipastikan superseru. Untuk Sulut, sesuai dengan pendaftaran hingga hari terakhir kemarin (10/1), sebanyak 16 pasangan calon (paslon) sudah siap bertarung di enam daerah pilkada (lihat grafis, red). Paslon harus beradu strategi Dikenal, Disayang, dan Dipilih. Kuncinya populer dan merakyat  

 

Untuk hari terakhir, kemarin, enam paslon yang menyusul mendaftar. Mereka yaitu paslon Ivan Sarundajang-Careig Naichel Runtu dan Royke Octavianus Roring-Robby Dondokambey di Minahasa. Paslon Sri Wahyumi Manalip-Gunawan Talenggoran juga memilih hari terakhir di Talaud. Di Sitaro, paslon Evangelian Sasingen-John Palandung dan Siska Salindeho-Heronimus Makainas. Dan di Bolmut, paslon Depri Pontoh-Amin Lasena.

 

Pantauan koran ini di Minahasa, paslon Royke Octavianus Roring-Robby Dondokambey (ROR-RD) lebih dulu mendaftar. Paslon yang diusung PDI-P, Gerindra, Demokrat dan Hanura ini dikawal Ketua DPC PDI-P Minahasa Jantje Wowiling Sajow (JWS) yang juga menjabat Bupati Minahasa.

"Ini janji saya pada partai. Bukti saya masih loyal dan kader yang mematuhi ADRT partai," ucap JWS yang urung dipilih PDI-P sebagai calon.

Saat mendaftar, paslon ROR-RD didampingi Wakil Ketua DPD PDI-P Sulut Steven Kandouw, Sekretaris DPD PDI-P Sulut Franky Wongkar dan sejumlah kader.

Dalam kesempatan itu, Kandouw menjelaskan kenapa PDIP tidak mencalonkan JWS. Menurutnya, dalam ADRT partai tidak ada hal yang mengatur tentang wajibnya Ketua DPC diusung dalam pencalonan. "Aturannya yang bilang begitu, bukan arogansi partai. Mohon pengertiannya. Tidak ada upaya menjegal atau mendiskualifikasi Pak JWS. Saya mohon ini jangan dipolitisasi. Terlepas dari itu, kami optimis menang satu putaran. Hitung saja jumlah kursi DPRD partai pengusung ini, kira-kira seperti itu hasilnya nanti," jelasnya.

Dalam kesempatan konferensi pers, ROR mengucapkan terima kasih kepada pengurus PDI-P serta partai pendukung lainnya.

"Terima kasih PDI-P, Ibu Ketua Umum Megawati Soekarnoputri yang sudah mempercayakan kami berdua. Pengurus partai Gerindra, Demokrat dan Hanura. Kiranya Tuhan berkenan akan perjuangan ini. Kami merasa terhormat atas kepercayaan ini," ujarnya diamini pasangannya, RD.

Dia menjamin gerak pembangunan dan kesejahteraan Minahasa, bakal menjadi prioritas saat terpilih nanti. "Tegak lurus apa yang dilakukan pemerintah Presiden Jokowi, itu juga yang kita lakukan di Minahasa. Apa yang sudah baik, sewaktu kepemimpinan Pak JWS, siap kita lanjutkan dengan inovasi-inovasi baru," tukasnya.

Usai ROR-RR mendaftar, sekira pukul 15.00 paslon Ivan Sarundajang dan Careig Runtu (IvanSa-CNR) tiba di Kantor KPU Minahasa. Paslon yand diusung Partai Golkar, NasDem dan PKPI ini dikawal dengan massa yang lebih banyak. Nuansa budaya juga ditonjolkan dengan arak-arakan kabasaran. "Adat istiadat wajib dijaga, ini pesan yang ingin kita sampaikan. Banyak penerus bangsa saat ini mulai meninggalkan warisan budaya pendahulu," ucap CNR.

Proses pendaftaran kali ini, berlangsung cepat ketimbang paslon sebelumnya. Tak kurang dari sejam registrasi dan penelitian berkas administrasi selesai dilakukan.

123
Kirim Komentar